Ngantuk….

Image

sumber : Mobavatar.com

Image

Hoaaaammmmmm…….

 

Rasa kantuk tentu sering kita rasakan, baik normal pada malam hari atau pada siang hari. Fenomena biologis wajar yang dialami manusia. Mengantuk yang biasanya ditandai dengan menguap bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti rasa lelah, bergadang semalaman, bosan terhadap kegiatan yang sedang dilakukan, atau memang kerjaan yang numpuk sampai haruskan kita pulang lewat tengah malam tiap harinya(*curcol dikit),dan bisa juga karena penyakit. Ada lalat yang bernama tse tse menyebabkan penyakit tidur. tapi ni lalat gada di Indonesia kok hehehehe

Mengantuk saat Riding atau Driving tentu saja berbahaya, biasanya rasa kantuk ini menyebabkan berkurangnya tingkat konsentrasi, potensinya ya pasti accident. Nah ini nih yang kadang disepelekan saat riding atau driving. Mengantuk berat memungkinkan kita dapat terlelap saat sedang menunggangi kendaraan kita loh sob, biasanya dikenal istilah sudden sleep. bayangkan saat riding atau driving dengan kecepatan sedang saja kita dapat bergerak beberapa meter dalam keadaan tidak terkendali. Keadaan ini pernah ane alami soalnya dan hampir saja kecelakaan.

Ok, perjalanan dengan riding atau driving biasanya menyita energi cukup banyak, rasa kantuk pun biasanya suka hadir, nah ane biasanya lakuin beberapa hal yang minimal bisa mengurangi rasa kantuk saat berkendara, kita bahas satu persatu ya sob.

  1.  Cukup Tidur sebelum berkendara. Biasanya yang doyan nonton bola atau motogp yang disiarin tengah malem memaksa kita melek semaleman atau hampir separuh malam. coba untuk tidur cukup, minimal 4 jam dengan posisi badan yang relax biar kualitas tidurnya bagus.
  2. Gerakkan anggota badan, Kalau ngantuk sudah mulai sedikit menyerang coba gerakkan anggota badan kita, lemaskan tangan dan kaki serta kepala agar peredaran darah lancar kembali.
  3. Nafas dengan benar. Tarik nafas yang dalem saat merasakan kantuk, hal ini membantu menambah jumlah oksigen yang dibutuhkan tubuh.
  4. Ngobrol. ya kalo kita riding berdua atau driving ada temannya sebaiknya buka pembicaraan, mulailah mengobrol membahas hal-hal yang menarik sehingga otak dan badan tetap terangsang untuk melek hahahaha.
  5. Minum yang cukup. ini nih yang sering dilupain, minum. duduk tanpa minum tambah menyiksa sirkulasi darah, jadi minum yang cukup sob.
  6. Permen. ini kayanya praktis, makan permen dengan rasa Mint akan membuat kita kembali melek biasanya.
  7. Minum Kopi atau Teh. kalo yang ini ane terinpirasi supir-supir truk, mereka biasanya membawa segelas kopi buat menemani mereka driving. biasanya juga plus rokok dengan kadar TAR dan Nikotin tinggi (kretek non filter).
  8. Berhentilah. Nah kalo rasa kantuk sudah semakin parah, Berhentilah. beristirahatlah, coba untuk tidur sekitar 15-30 menit, biasanya ini sangat membantu, kalo ane biasanya cari pom bensin yang ada musholanya. tidur dulu sebentar, saat bangun langsung cuci muka, segeeeeerrrrrrrr….

Ini cuma kebiasaan ane ya sob, sapa tau bisa jadi inspirasi hahahaha….

 

any advice????

 

 

Iklan

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di adventure, mobil, motor, safety dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

16 Balasan ke Ngantuk….

  1. kalo ane apa ya? ngebut sih memacu adrenaline biar melek (sebelumnya ngopi dulu).
    tapi kalo kantuk parah ya mw gak mw.. tidur dulu. bangsa 1-2 jam an.

    Suka

  2. kurniawan berkata:

    Saya klo ngantuk lebih baik ngerokok sambil pasang lagu hip hop (matikan AC) tp klo ngantuknya berat mau gak mau istirahat/tidur, ….zzz…zzz…zzzz….

    Suka

  3. Erit07 berkata:

    Ngantuk ya turuuuu…

    Suka

  4. Farrel berkata:

    Kalo sama keluarga jaln2 keluar kota lewat tol kayk ke Bogor, yg biasanya ngantuk itu si bapak pas dibalik kemudi, apalagi klo jalannya luruuuuuus terus spt Jagorawi wah lengkap dahh(tambah ngantuk walupun dah minum kopi) solusinya? biasanya dia minum(maap bukan mau promosi yaa) Kratindeng atau gantian nyetir hehehe.

    Suka

  5. Farrel berkata:

    Ya ndak lah mas. Wong dia cuma minum sebotolan.

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.