SATU UNTUK SEMUA

Image

Macantua.com-  Tiger :Megapro : GL : CB, Vixion : MX, Vega : Jupiter, Beat : Scoopy : Spacy, Mio : Soul : Xride, Avanza : Xenia, Terios : rush, Dyna : Dutro dan masih banyak lagi kendaraan yang memang sebenernya punya basic mesin sama atau malah plek ketiplek, beda merk dagang atau malah hanya beda seri. hal ini bisa disebut sebagai COMMON Parts. Kenapa sih adanya Common Parts??? Nah buat yang ada di dunia industri otomotif pasti udah ga aneh dengan istilah ini. Satu part bisa dipakai untuk beberapa macam model atau type. gunanya buat apa? Nah sebenernya hal ini terkait dengan ulasan ane disini. kita lanjut ya…

Cost Reduction. hal ini udah jelas, tiap pabrik sekarang rata rata menggunakan kata kata ini sebagai cara ampuh buat menekan biaya produksi. kalau satu pengeluaran bisa digunakan buat rame rame kenapa engga? toh lebih efektif dan efesien kan ??? (anak Teknik Industri banget hehehehe). Dengan adanya Program Cost Reduction ini jelas keuntungan perusahaan akan semakin besar dong…..

Minimize Waktu Development.  Waktu pengembangan sebuah part sampai dengan masspro pasti butuh waktu yang engga sebentar. Trial and Error sampai jumping produksi hanya untuk memproduksi part sample dilakukan dengan bayaran sebuah waktu dan tenggat yang engga sebentar, sedangkan kita lihat saat ini ang namanya model baru hampir setiap per 2 bulan meluncur entah itu roda dua atau roda empat. Dengan adanya common parts setidaknya bisa mempercepat waktu sang model baru untuk meluncur tho…..

Minimize Development Cost.  Ujung ujungnya pasti uang, dan itu yang memang diharapkan oleh perusahaan : LABA yang besar. satu unit model baru bisa memakan waktu 1-3 tahun. bayangkan berapa biaya yang bisa dikurangi kalau waktu yang digunakan lebih sedikit. Para expatriat (ahli dari Negara tempat si perusahaan biasanya) juga gakan terlalu lama di Indonesia, tau sendiri kan kalo ngundang para expatriat buat development itu muahaaaalllll….. Gaji, makan, tempat tinggal, transportasi sampe masalah hiburan harus ditanggung sama yang punya hajat…. Jadi semakin cepat mereka pulang semakin irit hahahahahaha…hush hush hush….

Eeasier Process.  Selain masalah duit biasanya di dunia produksi hal ini juga berpengaruh. kendaraan yang punya katasiki (unik part) lebih banyak bakal lebih sulit buat merakitnya. tapi klo part yang tiap saat nempel dan sama dengan yang lainnya bisa dipastikan bakal lebih gampang dan sudah terbiasa, dan ujung ujungnya kembali ke UANG. process produksi lebih cepat = unit lebih banyak dalam jumlah waktu yang sama. 

Kira kira gitu sob….. Jadi jangan aneh ya kalo ada part satu merk atau satu model akan sama dengan yang lain, itulah jawabannya UANG!!! hehehehehhee

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di opini pribadi dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

24 Balasan ke SATU UNTUK SEMUA

  1. warungasep berkata:

    Mesin parut kalapa,mesin rumput,mesin giling tipung beas,mesin tiger=Honda mangtap….
    Mangtap..
    Mangtap…
    Kabuuuuuurrr…
    http://warungasep.wordpress.com/2014/04/27/jadi-beneran-dong-ini-memang-yamaha-yzf-r25/

    Suka

  2. terutama AHM…
    dari C70 sampe C125, Kirana ama Supra X mesin nya common part, cuma beda body n sassis dikit doank…

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.