Di Lapangan SIM “Beda Harga”

image

Macantua.com – Lama ga bersua sob… hasil keliling keliling group dapet yang beginian…. Sebuah surat edaran yang bertajuk Peraturan Pemerintah Republik Indonesia no 50 tahun 2010. yang mengatur berapa sih biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan Surat Ijin Mengemudi mulai dari level roda dua sampai roda banyak…


Pada surat edaran tersebut tertulis bahwa harga alias biaya untuk pembuatan Surat Ijin Mengemudi hanya Rp.120.000 untuk pembuatan baru dan Rp.80.000 (kecuali SIM C Rp.75.000) untuk perpanjangan. Dan termurah yaitu SIM D untuk penyandang cacat yang hanya Rp. 50.000.

Nah berbeda dengan aktual di lapangan kan sob? Berapa sih biaya proses yang dibebankan kepada calon pembuat SIM? Beberapa waktu lalu ane memperpanjang kedua SIM ane yang habis bersamaan. Dan hasilnya wow…. Beda jauh banget! Yang ada per buahnya lebih dari yang tercantum pada PP.No.50 di atas.

Itu untuk perpanjangan loh, bagaimana dengan pembuatan baru??? Denger punya denger untuk buat baru dengan normal dipersulit dengan meleeati beberapa test yang dilakukan oleh pihak yang berwenang mengeluarkannya. Itu pun katanya, maka sampai sekarang ga aneh kalau aksi sogok menyogok untuk proses pembuatan SIM itu terhitung merupakan bisnis yang menggiurkan.

Perbedaan harganya jangan tanya, bisa 2-5 kali harga yang tercantum untuk tiap kepingnya loh… yah mungkin memang “peraturan hanya tinggallah peraturan” untuk negeri kita Indonesia ini. Peraturan ga akan bisa bikin sama dengan aktual di lapangan.

Nah last question buat semua pembaca nih, berapa sih biaya yang kalian keluarin buat bikin SIM???? Lewat cara apa bikin SIM nya? Normal atau colek colek aparat??? Monggo komennya….

Yang ini juga menarik :

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di opini pribadi, prosedure, SIM dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

19 Balasan ke Di Lapangan SIM “Beda Harga”

  1. cadoxs berkata:

    Saya abis 500000 3 thun lalu 😀

    Suka

  2. agung berkata:

    ditempat saya polisinya suka nyekek makanya perut pada buncit..sim C di tmpat saya bukan 5x lipat melainkan 10x lipat dr harga undang2 yaitu 650ribu..pantes aja ad yg buat stiker »fu*k of the police»

    Suka

  3. Naufal berkata:

    Artikelnya menarik, jangan lupa berkunjung ke http://moblog.esy.es
    ada berita, artikel dan lain-lain

    Suka

  4. KLX Adventure berkata:

    Saya setahun yang lalu bikin SIM A baru 120.000, di saat yang sama perpanjang SIM C 75.000. Proses dilakukan di Polres Bantul, DIY. Semua proses berjalan normal, nggak ada sogok menyogok. Test dipersulit? Ah nggak juga kok. Test teori yang sudah menggunakan foto dan video, kita cukup mencet tombol benar atau salah, cukup mudah kok. Test praktik juga biasa saja kalau memang sudah kompeten bawa kendaraan.

    Baik SIM A maupun SIM C saya bikin melalui jalur normal. Sehari juga beres

    ========

    Yamaha Byson Modif Trail Klasik ala Deus Dibanderol Rp 140 Juta Saja http://klxadventure.com/2014/11/03/yamaha-byson-modif-trail-klasik-ala-deus-dibandrol-rp-140-juta-saja/

    Suka

  5. haha…itu sudah jadi rahasia umum bro di ketok 2-5kali lipat mah udah biasa buat rakyat indonesia…#miriissssss

    Suka

  6. dhanyfirdaus berkata:

    Dulu bikin SIM Sendiri, udah lama sih, lebih dari 10 tahun yang lalu. Buat A sama C.
    test teori Motor Lulus, Mobil nga…, hahaha (padahal udah pernah punya cuma hilang dan nga diurus selama 2 tahun lebih, Sim motor sama nasibnya)

    yang kocak pas test praktek motor, polisinya langsung Nembak.., yang nga lulus bayar 100rb mau apa nga ??? Sebagian besar koor setuju. yang duitnya kurang misuh misuh….

    dari 20 orang, yang lolos cuma 1. lainnya fail…, terutama pas jalan lurus banyak yang ngejatuhin patok lebih dari 2. Goyang dikit aja, kesenggol tuh patok. yang lolos test, malah yang ngebut.

    total buat motor nga sampai 200rb.
    kl mau nembak, diluar formulir bayar 200rb ke oknum polisi disana

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.