DIY : Cara Setting Sorotan Lampu Depan (Mobil dan Motor)

t

penerangan utama dari Headlamp sangat penting

macantua.com – Sorotan lampu depan yang terlalu tinggi terkadang mengganggu pandangan pengendara lain, tapi kalau sorotan lampu terlalu rendah juga bisa mengganggu pandangan kita sebagai rider atau driver. Nah bagaimana sih biar settingan lampu menjadi pas dan nyamana buat kita dan nyaman buat pengen dara lainnya??? Secara prinsipnya untuk motor dan mobil sebenarnya mempunyai cara setting yang sama, bagaimana? hayu ah kita bahas.

Secara prinsip lampu utama idealnya harus memancarkan cahaya sejauh 40 meter ke depan untuk lampu dekat dan 100 meter untuk lampu jauh. Cara settingnya bisa dengan cara letakkan kendaraan di tempat rata dan menghadap ke dinding, jarak lampu utama dan dinding usahakan 7,5 sampai 10 meter. Jarak ini digunakan sebagai acuan sorotan lampu saat di jalanan.

Posisi stelan headlamp pada ebberapa mobil

Posisi stelan headlamp pada ebberapa mobil

Langkah pertama adalah pastikan bohlam terpasang dengan benar pada rumah lampu. tidak miring atau tidak dalam posisi yang tidak pas. setelah itu gunakan obeng atau kunci T untuk melakukan penyetelan ketinggian. untuk motor biasanya ada di bagian bawah headlamp dan untuk mobil biasanya ada di bagian depan menghadap lampu atau di bagian belakang rumah lampu berupa putaran. Tapi di beberapa mobil settingan ini berada di depan dengan menggunakan obeng. Kemudian tarik garis lurus posisi headlamp dengan tembok sebagai acuan setting.

ambil jarak sekitar 7,5 - 10 m

ambil jarak sekitar 7,5 – 10 m

Untuk posisi lampu dekat usahakan agar sorotan lampu tidak melebihi tinggi rata rata headlam, usahakan sorotan cahaya jatuh diketinggian 10-20cm dari tanah pada tembok. dan untuk lampu jauh fokus disesuaikan dengan posisi rata atau dapat sedikit lebih tinggi dari ketinggian headlamp. Untuk mobil usahakan sorotan lampu kiri usahakan melebar ke kiri. hal ini digunakan untuk menyinari sisi jalan seperti trotoar dan meminimasi kemungkinan orang atau pengendara lain di depan kiri kendaraan. Berbeda dengan motor, fokus tengah sangat dianjurkan karena fokus kendaraan.

Nah kira kira gitu tuh cara setting lampu depan alias headlamp baik di motor maupun di mobil, gimana? cukup jelas???

Yang ini juga menarik :

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di mobil, modifikasi, motor, safety dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke DIY : Cara Setting Sorotan Lampu Depan (Mobil dan Motor)

  1. iimvixby berkata:

    Good,,, tapi lebih praktis datang ke bengkel aja 😀

    Suka

  2. fa74 berkata:

    Mobilnya jereng om.

    Suka

  3. Ping balik: Cara Setting Sorotan Lampu All New CB150R | macantua

  4. Aslam berkata:

    Cara settingnya pake obeng plus, byasana udah satu pack sama tuh motor.. sama pnya ane juga stelannya terlalu high..

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.