TIPS: Gimana Sih Ngerawat Motor Trail????

Hobby petualangan yang mengasyikkan

Hobby petualangan yang mengasyikkan

Macantua.com – Melanjutkan artikel sebelumnya tentang motor adventure alias motor dual purpose yang biasa orang Indonesia sebut motor trail. Nah Hobby akan motor ini memang bukan masuk kelas hobby murah meriah karena perawatan untuk sang tunggangan ga terlalu murah. Tapi ngerawat mootor sebenarnya ga akan terlalu membengkak kalau kita bisa dan mengetahui bagian mana aja yang wajib dirawat maksimal biar umurnya lebih panjang. Nah begitu juga dengan motor trail, apa aja sih yang perlu diperhatikan lebih dalam merawat motor trail? yuk kita bahas.

Kebersihan jadi hal yang utama! Kita tau sama sama kalau motor dual purpose identik dengan blusukan masuk masuk area tanpa jalan alias off road. Trek trek susah bahkan terlihat tidak mungkin dilalui motor seperti kubangan penuh lumpur atau jalanan terjal dan kotoran merupakan hal yang biasa. Setelah melakukan aksi blusukan pasti motor kotor bahkan bisa jadi ga berbentuk motor akibat kotoran yang menyelimutinya. Nah bersihkan motor sebelum kotoran terlanjur mengering. hal ini bertujuan agar kotoran yang dapat menimbulkan karat tidak menempel pada motor dan pastinya tampilannya makin cling.

Selanjutnya adalah lumasi semua bagian yang bergerak, berhubung motor trail sering main lumpur parti bagian bagian yang bergerak seperti suspensi, bearing, rantai dan komstir akan lebih sering tersiram air. Sudah pasti pelumasan di area area yang bergerak ini akan berkurang. Setelah kita bersihkan motor ada baiknya kita lumasi bagian bagian yang bergerak tersebut dengan grease atau chain lube untuk rantai. Nah hal ini berguna agar gerakan motor masih terjaga prima.

Check Kelistrikan dan Mesin, hal ini wajib dilakukan. Ga kebayang kalau sedang adventure tengah hutan eh si motor ngadat. simple nya pengecheckan ini bisa dilakukan dengan mengecheck perkabelan listrik, kabel kopling, gas dan lain sebagainya. Yah ini buat memastikan saja si motor benar benar bisa dan siap diajak blusukan selanjutnya.

Check Pengereman, Main kotor itu baik tapi kotoran kalau masuk ke sistem pengereman bisa berakibat fatal dan berakibta celaka.  Nah lakukan pengecheckan pada kanvas dan piston cakram depan maupun belakang, karena pasti sobat semua ga akan mau dong kalau sedang asyik down hill alias menuruni bukit tiba tiba nanti rem tidak berfungsi bisa nyungseb….

Last, Hobby ekstrem ga berarti harus menjadi mahal dan membahayakan kalau kita persiapkan dengan matang tho??? Selamat Blusukan…. Ciao…..

Mau Ngetrail bareng saya????

Mau Ngetrail bareng saya????

Yang ini juga menarik :

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di adventure, motor, perawatan, perbaikan, safety dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

23 Balasan ke TIPS: Gimana Sih Ngerawat Motor Trail????

  1. danisubject berkata:

    motorku bukan trail 😀 . kudu siap penetran di mana manah …

    Suka

  2. cukup buat banjir sahaja

    Suka

  3. agoey berkata:

    yang penting bersih dahulu…

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.