Sales : Dua Sisi Mata Pedang

image

Pabrikan satu membunuh karakter pabrikan lainnya??? Biasa

Macantua.com – Sales and marketing dua kata yang sangat berkaitan bahkan sering dianggap sama. Dalam perkembangannya sales dan marketing saat ini memang ga seperti jaman dulu yang hanya terpaku pada promosi tapi kini juga merambah ke dunia maya. Dunia maya yang sungguh abstrak digunakan untuk mempromosikan produknya.

image

Tapi belakangan ini ane melihat sesuatu yang janggal pada dunia sales and marketing roda dua Indonesia. Sesuatu yang ane nilai kurang bijak buat negeri kita yang berbudaya timur. Aksi para sales ini bak fanboy yang membabi buta. Ga pandang etika mereka menghina serta menjelek jelekkan produk pesaingnya. Cemen? Pengecut? Kalau boleh ane bilang sangat cemen dan pengecut.

Perilaku saling ejek dan hina ini ternyata ga cuma dilakukan di dunka maya. Di dunia nyata para sales marketing ini juga melakukan hal sama.  Via flyer atau brosur mereka terang terangan melakukan blackcampaign. Ga sampe di sana bahkan baligho besar pun dibuat dengan konsep yang sama untuk dipasang di sudut sudut kota.

Pecundang dan pengecut bagi mereka para sales yang melakukan hal ini. Bukankah setiap pabrikan sudah memberikan product knowledge tentang kelebihan dan kehebatan produknya melalui spesifikasi teknis dan penjelasan lainnya. Pertanyaanya kenapa mereka tidak mengangkat hal baik itu malah justru cenderung mencari keburukan produk kompetitor? Jawabannya adalah sebuah ketidakpercayaan diri. Yup, para sales marketing ini tidak percaya diri bahwa produk mereka akan laku dipasaran. Dengan tekanan ini ditambah target dari perusahaan maka mereka merasa perlu menjatuhkan produk pesaingnya. Sungguh sangat kerdil sekali kan pola pikirnya.

Tapi tahukah mereka effect lebih besar ada dibalik ulah mereka? Effectnya adalah citra dan nama baik sebuah produk. Citra dimana produk akan dicap sebagai produk tukang BC. Produk pencitraan dan akhirnya konsumen yang pintar akan berlarian. Effect jelas saat konsumen yang sudah mulai pintar akhirnya lari adalah ke manufacture alias pabrik produk tersebut. Jangan aneh kalau ada sebuah perusahaan yang dulunya hebat penguasa pemasaran dimana saat mereka terlalu enjoy dengan kondisi serta keasyikan melakukan Black Campaign di dunia maya serta nyata, penjualan produknya merosot sedikit demi sedikit tergerus oleh kompetitor. Alhasil pabrik pun kekurangan pesanan, pekerja sedkkit demi sedikit dikurangi guna mengurangi pengeluaran perusahaan. Belum lagi sakitnya saat pabrikan kompetitor harus lembur mencukupi pesanan penjualan mereka hanya memproduksi seadanya bahkan senin kamis kaya puasa sunnah (Sakitnya tuh di sini *nunjuk dompet).

Masihkah akan seperti ini? Masih kurang pede dengan produk jualanmu? Cari cara kreatif lainnya buat pikat hati konsumen bukan menjelek jelekkan produk kompetitor…. Ciao….

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, iseng, marketing, opini pribadi, prosedure, spg dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

31 Balasan ke Sales : Dua Sisi Mata Pedang

  1. Kobayogas berkata:

    wkwkwkwkw ciao…
    ————-
    Selamat malam, bagi yang ingin tahu berapa konsumsi bbm honda new beat pop iss ketika digunakan untuk harian macet dan lancar…plus sempat iseng ditest drag race..
    http://kobayogas.com/2015/03/16/tematis-test-ride-honda-new-beat-pop-iss-konsumsi-bbm-how-far-can-you-go/

    Suka

  2. LELAKI JELATA berkata:

    Asem gagal petromax 😀

    tapi banyak juga loh kang, blogger jadi fansboy tp hanya saja bentuk BC banyak yg berbentuk majas, Jadi kata2nya ga kayak BC tp alias penggiringan opini dengan tipe soft 😀

    Suka

  3. prasetyo676 berkata:

    Juozzz… dibuatkan artikel khusus juga akhirnya. Ulasan tajam, setajam cakar macan. 🙂
    Gak dilengkapi fotonya kang?

    Dibuang Sayang : Foto Perbandingan Dimensi Honda BeAT POP eSP ISS vs Si Macan Silver (Tiger Revolution) | prasetyo676.com
    http://prasetyo676.com/2015/03/16/dibuang-sayang-foto-perbandingan-dimensi-honda-beat-pop-esp-iss-vs-si-macan-silver-tiger-revolution/

    Suka

  4. ardiantoyugo berkata:

    hahaahaaa… makanya itu…

    Jupiter MX King apakah worth to buy: http://wp.me/p1eQhG-12v

    Suka

  5. ninja150ss berkata:

    wkwkwkwk mak jleb bgt….
    disertai foto karyawanya donk,,yg 1 sll ceria eh satunya lg krg semangat….gmn gk ceria,akhir bln slip bs 2x krywn sblh bahkan lebih (krywn lho bkn sales)
    😆

    Suka

  6. lombokceplus berkata:

    Aksi saling sikut demi perut , kabarnya para sales makanya dr prosentase penjualan, mungkin itu yg jd alasan menghalalkan segala cara, hehe, mungkin

    https://lombokceplus.wordpress.com/2015/03/07/video-cara-membuat-ketupat/

    Suka

  7. java36 berkata:

    Jgn kan sales, chief marketing aja berani terang2an BC didepan media :v

    Suka

  8. ndesoedisi berkata:

    kalo blogger ngebece kok malah laris manis ya ? tanya siapa..tanya siapa 😛
    kabooorrrrrr…….

    Suka

  9. SANSINNO.COM berkata:

    sudah tugas mereka mungkin..hee kalo gag gtoo gag mangkan mungkin..hehe

    http://sansinno.com/2015/03/16/modifikasi-r25-bengis-karya-jv-custom-bike/

    Suka

  10. tqrb berkata:

    Sekarang makin byk aja sales di intenet, byk jg yg spammer y gan 😀

    Suka

  11. ivanantonia1 berkata:

    Salesnya belajar dari pengalaman pemilu atau malah sebaliknya? Jiaaah…

    http://cilegon-to-tasik.blogspot.com/2015/03/modus-penipuan-berkedok-dokumen-yang.html

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.