Bulan Pertama Melonjak??? Apa itu Cuma Angka Distribusi????? AISI

image

macantua.com – Kemarin angka angka pada data AISI menjadi buah bibir diantara para blogger, ga cuma via Artikel yang mereka rilis, sampai ke dunia sosial media lainnya juga dibahas dikupas tuntas. Ada yang mencemooh, ada juga yang mati matian membela. Dan angka angka ini masih menjadi senjata dahsyat pabrikan buat mempromosikan barang dagangannya.

Kalau kita melihat tren data AISI, setiap ada peluncuran motor baru angkanya selalu meningkat njengat tinggi, Seperti dulu kasus CB 150 R, CBR 150, R 25 dan bahkan R 15, Semua menunjukkan angka tren positif. Bahkan tinggi untuk ukuran sebuah produk yang baru dilempar ke pasar. Tapi data ini setelah ditelisik ternyata bukan penjualan riil. Loh kok bisa?

Data ini ternyata hanya data distribusi yang dilakukan produsen ke jalur jalur distribusinya. dengan kata lain data ini merupakan perhitungan sejak sebuah kendaraan line off di ujung production line sampai dealer target distribusi. Loh kalau gitu berapa penjualan riil nya??? ane juga masih mencari jawaban sesungguhnya gimana sih data aisi ini dirangkum. Masih mencari informasi sana sini, ya memang bahasa marketing memang bisa dengan manis menggunakan data ini buat menggenjot penjualan. Sisi positif yang bisa langsung dirasakan oleh para sales dan marketing.

Tapi posisi ini juga malah sering dijadikan bahan permainan para sales. Dengan adanya data ini kebanyakan sales dengan mudahnya memaksakan pembelian ke arah kredit. Dimana kita tau menjual kredit itu “fee” nya lebih alias double. Cara ini dilakukan dengan alasan indent yang memanjang.

“Lihat saja Pak dalam waktu beberapa hari sudah sekian unit yang diterima konsumen, kalau cash susah pak cari unitnya, kalau bapak mau indent mungkin sedikit lama, tapi bisalah saya bantu usahakan”

Kalimat sakti ini yang sering diucapkan para sales, bahkan di beberapa kasus ditemui ada permainan upping price alias menaikkan harga. Yah meski harga yang dinaikkan ini sebenarnya hanya uang pelicin agar unit bisa cepat sampai. Bayangkan keuntungan si sales 3 kali uang fee…..gaji menjual, fee dari leasing,dan upping price.

Baiknya pabrikan ga cuma kontrol dan terima laporan data saja, sepertinya aksi ini wajib segera dihentikan… Baik oleh pabrikan atau dari kita sebagai konsumen. Karena aksi ini ga akan pernah ada selama kita para konsumen ga mudah terayu atau dibohongi dan tentu saja mudah menggelontorkan uang demi cepatnya unit sampai dirumah…

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di opini pribadi dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

14 Balasan ke Bulan Pertama Melonjak??? Apa itu Cuma Angka Distribusi????? AISI

  1. ardiantoyugo berkata:

    tul… sini punya uang mau beli kok malah disuruh kredit… mikiirrr…

    Tragedi sayap yang tertukar: http://wp.me/p1eQhG-12P

    Suka

  2. ninja150ss berkata:

    mau cash suruh kredit?
    baakkaarrrr….

    Disukai oleh 1 orang

  3. cadoxs berkata:

    Data aisi ga salah, dealer atau distribusi mereka dah bayar dulu kok ke pabrik makanya klo ga kejual di discount gede gedean…ngoahahahaha

    Suka

  4. Joko berkata:

    Dulu waktu vario 125 sedang inden2nya, ada empat dealer honda di kota ku. Tiga berani kasih potongan 100rb. Diantara tiga itu dibuat perlombaan, siapa bisa kirim barang paling cepat, itu yang dibeli. Hasilnya cuma nunggu satu hari motor sudah di rumah, dan dapat cash juga. Pembeli adalah raja, tapi raja yang harus bayar. 😉

    Suka

  5. zizi berkata:

    Buat stock dealer pastinya.. yg jelas bgt tuh waktu nmp fi meluncur.. penjualan langsung melonjak yg kemudian langsung layu ga diserap pasar .kalah bersaing dgn verza.

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.