Tips Selamat & Aman Saat Mudik Lebaran (Keselamatan dalam Mudik Lebaran)

image

Macantua.com – Mengutip dari status FB seorang sobat Macantua.com : Tidak terasa masyarakat umat muslim di Indonesia akan memasuki Hari Raya yang ditunggu-tungu, yaitu Lebaran. Tentunya masyarakat pada umumnya sudah menyiapkan kendaraan pribadi dalam melakukan ritual tahunan, yakni mudik ke kampung halaman. Dalam melakukan ritual tahunannya tersebut, sering kali menimbulkan kecelakaan transportasi yang tidak saja disebabkan oleh faktor teknis, pengguna transportasi maupun kondisi alam yang tidak mendukung. Namun, faktor non teknis pun dapat mengakibatkan hal tersebut terjadi. Masalah ini tentunya sangat perlu kita cegah melalui imbauan Safety Riding, khususnya bagi Anda yang akan melakukan mudik menggunakan jalur darat yang menggunakan sepeda motor. Tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan juga dipersiapkan dalam mudik tahunan ini. Berikut tips saat berkendaraan menuju kampung halaman, seperti :
1. Pahami akan teknik-teknik dalam mengendarai sepeda motor Hal tersebut perlu dilakukan karena ketika mengemudi, Anda harus memahami dan mengetahui dalam teknik berkendara, khususnya teknik mengerem. Awal mulanya kita perlu menginjak rem dan setelah itu kita pun perlu menguranginya secara perlahan-lahan, agar laju kendaraan sepeda motor stabil.
2. Janganlah sekali-kali meletakkan barang-barang bawaan di atas motor, Mengapa? Karena tentunya hal itu akan mengurangi gerak aerodinamis akan motor Anda. Dan juga akan membuat laju motor yang Anda kendarai menjadi lebih lambat. Alangkah baiknya, jika Anda membawa barang secukupnya sesuai dengan kapasitas motor.
3. Jika kondisi fisik sudah lelah, maka beristirahatlah! Ketika Anda merasakan kondisi fisik yang lelah, maka janglah memaksakan diri untuk mengemudi. Karena tentunya hal tersebut dapat menyebabkan rasa kantuk. Berisitirahat dua hingga tiga jam, merupakan jalan yang terbaik. Namun, bentuk istirahat tidak hanya dengan cara tidur, tetapi Anda dapat melakukannya dengan cara meminum minuman yang mengandung kafein ( kopi ) agar tubuh lebih segar dan fokuspun akan tetap terjaga.
4. Lakukan perawatan menyeluruh pada motor Langkah ini mengharuskan Anda untuk melakukan perawatan secara menyeluruh di sepeda motor Anda. Termasuk mengganti oli dan memeriksa suhu tekanan angin pada ban. Juga pastikanlah kondisi ban selalu baik dan tidak gundul, karena ban merupakan faktor utama yang paling penting pada motor.
5. Gunakan helm dengan standar yang ditentukan Langkah terakhir yang harus dilakukan dalam melakukan mudik tahunan, adalah menggunakan helm dengan telah mempunyai Standar Nasional Indonesia (SNI). Karena belakang ini banyak sekali pengendara sepeda motor yang masih menggunakan helm cetok, yang mana tingkat keamanan akan helm cetok tersebut masih dibawah Standar Nasional Indonesia (SNI).

Buat yang pake mobil ini nih :
1. Cek kondisi mobil Anda Kondisi mobil menjadi hal pertama yang perlu Anda persiapkan. Jangan sekali-kali Anda mudik tanpa mengecek kondisi mobil Anda. Pertama, Anda perlu mengecek kondisi ban dan tekanan angin ban; kemudian air radiator, wiper, dan air accu; selanjutnya periksa sistem kelistrikan Anda apakah dalam kondisi baik. Langkah keempat, periksa oli mesin Anda, power steering dan minyak rem. Terakhir cek karet-karet mobil Anda seperti fan belt.
2. Bawa perlengkapan kendaraanJangan lupa mempersiapkan perlengkapan seperti ban serep, dongkrak beserta pemutarnya, kunci ban, obeng plus dan min, kunci pas mulai dari ukuran 10 hingga 19, kunci busi, kunci inggris, segitiga pengaman, senter, peta perjalanan dan terakhir adalahbawa surat kelengkapan dokumen Anda, seperti SIM dan STNK. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan charger handphone atau battery cadangan.
3. Lindungi mobil Anda dengan asuransi perlindungan lengkap Pastikan Anda dilindungi perusahaan asuransi yang kredibel dengan jaringan bengkel dan kantor cabang yang luas serta memiliki fasilitas emergency road assistant! Asuransi yang siap membantu selama 24 jam.
4. Siapkan nomor telepon penting Catat beberapa nomor penting untuk kondisi darurat. yang dapat dihubungi dimana saja selama 24 jam melalui ponsel. 
5. Siapkan Kotak P3K Perjalanan mudik sungguh melelahkan, siapkan Kotak P3K berisi beberapa obat standar seperti obat demam,pusing, sakit perut serta obat luka luar dan plester sebaiknya dibawa. Sedangkan, bila ada anggota keluarga yang harus rutin meminum obat hendaknya segera diingatkan agar obat tidak tertinggal. Letakkan barang-barang dan obat-obatan pada tempat yang dapat dengan cepat diambil pada saat diperlukan.
6. Rencanakan dengan matang perjalanan Cek rute yang akan ditempuh, hitung perkiraan waktu dan jarak tempuh! Siapkan rute alternatif sehingga Anda tidak perlu terjebak di kemacetan atau kondisi jalan yang rusak.
7. Persiapkan kondisi pengemudi Pengemudi memiliki tanggung jawab penuh atas penumpang yang berada di dalam mobilnya. Pastikan kondisi Anda sebagai pengemudi berada dalam kondisi prima. Fisik yang sehat merupakan hal yang penting dalam perjalanan kembali ke kampung halaman. Pastikan Anda telah beristirahat secara cukup pada malam sebelum perjalanan. Jika Anda mengantuk, jangan paksakan diri Anda untuk melanjutkan perjalanan, beristirahatlah sejenak ditempat yang telah disediakan 8 titik posko mudik yang dapat Anda pergunakan untuk memulihkan kondisi fisik anda. Selain kondisi fisik yang segar, Anda juga perlu menyiapkan emosi yang stabil. Dalam mengemudi emosi yang tidak terkontrol dalam menyebabkan pengemudi tidak berkonsentrasi penuh. Hendaknya dalam bulan yang suci Anda dapat lebih mengontrol emosi, sehingga perjalanan mudik Anda dapat berjalan dengan lancar. Siapkan supir cadangan dalan perjalanan mudik Anda.Idealnya, setiap pengemudi maksimum menyetir selama 5 jam berturut-turut.
8. Always Drive Safe Meskipun Anda tidak sabar ingin melepas rindu dengan sanak keluarga, harap Anda tetap untuk mematuhi peraturan lalu lintas. Hindari kecepatan tinggi dapat menyebabkan kecelakaan bagi Anda dan penumpang lainnya atau bahkan pengguna jalan raya lainnya. Gunakan selalu sabuk pengaman selama perjalanan. Jaga jarak aman mobil Anda dengan mobil lain agar dapat menghindari kecelakaan beruntun. Hindari menerima telepon, mengirim pesan singkat atau melakukan kegiatan lain selama mengemudi. Bersikaplah hati-hati selama perjalanan mudik Anda.Semoga perjalanan mudik Anda menjadi perjalanan yang menyenangkan.

Selamat mudik! semoga selamat sampai tujuan Jangan lupa berdoa dulu ya sob .Semoga tips berkendara dengan aman ini dapat bermanfaat bagi kita semua aamiin….
Yang ini juga menarik :

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di opini pribadi dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Tips Selamat & Aman Saat Mudik Lebaran (Keselamatan dalam Mudik Lebaran)

  1. ndesoedisi berkata:

    Sip infona, sekalian atuh dibahas nu mudik naik kereta api, kapal laut jeng pesawat, misalna periksa tekanan ban kereta api anda :mrgreen:

    Suka

  2. Ping balik: Tips Selamat & Aman Saat Mudik Lebaran (Keselamatan dalam Mudik Lebaran) part 2 (backpacker edition) | macantua

  3. Mas Sayur berkata:

    Mumpung bahas tips mudik ini tips dari saya..

    1. Angger arep mudik, nggawa klambi
    secukupe, aja digawa kabeh, mbok
    ndarani minggat.
    2. waspada maring wong sing nembe
    kenal nang perjalanan, aja gampang
    luluh senajan lagi jomblo
    3. Ben umah sing ditinggal aman,
    pasangi police line/ditulisi “rumah ini
    telah disita bank/ dalam pengawasan
    KPK”
    4. Supaya ora kena macet : gawe tol
    dewek lempeng juk umah, langsung gutul
    5. Siapna mental mbok nang kampung
    ketemu mantan sing wis duwe pacar
    anyar
    6. Nek arep mudik aja kelalen ndonga,
    gole ndonga moga-moga slamet ngasi
    tujuan. Udu ndonga moga-moga ketemu
    mantan
    7. Siapna jawaban sing tepat mbok nang
    kampung ditakoni wis duwe pacar apa
    urung
    8. Nek mudik cukup gawa sing penting-
    penting bae, usah nggawa kenangan
    masa lalu mbarangan
    9. Aja ngeluh nek dalane macet, esih
    mending kejebak macet nimbang kejebak
    masa lalu
    10. Mudike lewat jalur pantura/jalur
    selatan, aja lewat jalur gaza mbok kena
    peluru nyasar
    11. Patuhi aturan lalu lintas, aja mung
    patuh maring aturan pacar tok
    12. Sing numpak motor pastikan tangki
    bensine isi senajan atine kosong
    13. Nek numpak mobil pribadi pastikan
    pribadine apik, sopan, ora sombong lan
    rajin menabung
    14. Nek ditakoni “mau kemana mbak/
    mas?” jawab biasa bae, ora usah njawab
    “ke hatimu” mbok ketara jomblone
    15. Nek bingung dalan, takon maring
    petugas, aja takon maring rumput yang
    bergoyang, pokoke aja!
    wis semono disit…
    ati-ati neng dalan…

    Disukai oleh 1 orang

  4. arh thea berkata:

    Mantap infonya.. sangat bermanfaat 🙂

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.