Tips Selamat & Aman Saat Mudik Lebaran (Keselamatan dalam Mudik Lebaran) part 2 (backpacker edition)

image

Macantua.com – Setelah sebelumnya ane bahas soal tips mudik yang aman dan selamat naik kendaraan pribadi baik itu.motor dan mobil di sini. Sekarang ane mau kasih tips lagi buat yang bepergian mudik menggunakan transportasi umum. Sebagaimana kita tau ga semua mau mudik pake kendraan pribadi to… Nah ada beberapa kendaraan alias transportasi umum yang bisa jadi pilihan mulai naik travel, bis, kreta bahkan kalau jauh dan punya sedikit kelebihan uang bisa naik pesawat. Nah ini tips nya :

  1. Tentukan tujuan mudik soalnya kalau ga punya tujuan ngapain mudik pilihan sarana transportasi yang diinginkan dari jauh hari sebelumnya. Agar kita bisa memprediksi biaya serta kenyamanannya.
  2. Selain uang tentunya siapkan tanda pengenal baik KTP atau SIM yang masih berlaku. Walau SIM ga dipake buat riding atau driving tapi data pribadinya ga kalah lengkap sama KTP.
  3. Pisahkan uang ongkos dan makan selama perjalanan dengan uang lainnya. Kalau bisa jangan bawa uang cash berlebihan. Bawa secukupnya. Letakkan ATM sebagai cadangan terpisah dari uang. Jadi kalau ada kejadian kehilangan ATM masih bisa jadi back up.
  4. Bawalah barang secukupnya. Sudah jadi tradisi kalau lebaran kita selalu bawa oleh oleh. Hanya saja terkadang banyaknya barang yang dibawa justru menyusahkan kita selama diperjalanan. Saran ane sih bawa secukupnya baju dan oleh oleh. Apabila memang terpaksa membawa banyak barang silakan kirim barang tersebut jauh hari sebelumnya via jasa pengiriman barang seperti paket pos, tiki atau jne.
  5. Usahakan sebelum berangkat perut sudah terisi full dan membawa makanan ringan dan air minum untuk selama perjalanan. Maklum kalau naik kendaraan umum kita ga bisa berhemti sesuka hati buat sekedar makan atau cari minum kan?
  6. Bawa pakaian hangat seperti jaket dan obat obatan ringan. Dan letakkan di posisi yang mudah dijangkau. Angin perjalanan biasanya jahat sama fisik. Terlebih bila perjalanan di malam hari.
  7. Buat yang beli tiket on the spot, belilah tiket pada loket atau counter resmi. Jangan pada calo selain mahal dan nyekek juga biasanya bisa bikin terjadinya keributan.
  8. Hindari makan dan minum di sembarang tempat atau pemberian orang lain. Bukan ngajarin suudzon tapi waspada lebih penting. Udah ga aneh klo selama mudik lebaran selalu jadi lahan aksi beredarnya para penghipnotis.
  9. Gunakan waktu selama perjalanan untuk beristirahat. Rilekskan badan buat badan bisa istirahat agar sesampainya ditujuan kita memiliki energi yang cukup.
  10. Jangan lupa letakkan barang barang kita apalagi yang berharga pada jangkauan kita. Dompet dan handphone biasanya jadi bahan inceran utama para pencopet.

Last, yang paling wajib adalah berdoa dahulu sesaat sebelum berangkat biar perjalanan kita diridhoi Allah Subhanahu Wa Ta’ala…. Demikian tips buat yang mudik ga pake kendaraan pribadi semoga bermanfaat. Selamat mudik dan selamat liburan….

Yang ini juga menarik :

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di adventure, prosedure, safety dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Tips Selamat & Aman Saat Mudik Lebaran (Keselamatan dalam Mudik Lebaran) part 2 (backpacker edition)

  1. ALVI ALEVI berkata:

    Jangan lupa juga sama orang yang diboncengin.. Jangan sampe ketinggalan di SPBU..
    Salam kenal..

    Suka

  2. Mase berkata:

    Sip tipsya

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.