Ganti Rugi Tak Dibayar, Warga Desa Pada Asih Subang Jadi Korban Tol Cipali

image

Macantua.com – Tol Cipali, alias Tol Cikopo Palimanan, sebuah jalan tol terpanjang yang menghubungkan gerbang tol Cikopo Purwakarta dengan Palimanan Cirebon. Tol sepanjang 116km ini menjadi tol terpanjang dan fenomenal terlebih sudah dapat digunakan pada mudik lebaran Iedul Fitri 2015. Tapi dibalik ke”fenomenalan”nya ini ternyata masih menyisakan duka buat beberapa masyarakat yang tergusur oleh pembangunannya. Sebagai contoh beberapa warga Desa Pada Asih Subang, sampai hari ini belum mendapatkan uang ganti rugi akan penggusuran project jalan tol Cipali ini.

image

Warga desa Pada Asih Subang ternyata masih ada yang belum mendapatkan uang ganti rugi sejak pertama kali project jalan tol dan pembebasan tanah dilakukan 2008 lalu. Bayangkan sudah sekitar 7 tahun uang belum diterima. Tanah sudah menjadi jalan toll, bisa dibayangkan kalau uang dikonversi ke harga saat ini yang bisa mencapai 300ribu rupiah per meternya.

Selain para warga yang belum dibayar, ternyata ada pula yang masih bertahan mempertahankan tanahnya di sisi jalan tol meski surat akta tanah mereka miliki tapi pihak pengembang masih melakukan pembangunan di atas tanahnya. Bahkan ada beberapa rumah yang tergusur. Harga ga cocok, itulah alasan utama mengapa para pemikik tanah sebelumnya tidak memberikan tanahnya kepada para pengembang. Tapi apa daya para pemilik tak berani mengadukan ke ranah hukum karena “takut” hukum berpihak pada pemilik uang.

Ada hak di sana yang tidak terbayarkan, ada kewajiban pengembang yang belum dilaksanakan. Kini tol Cipali Cikopo Palimanan bukan hanya terkenal dan fenomenal karena harga tarifnya yang mahal, bukan hanya karena mistisnya yang selalu mengundang kecelakaan, bukan karena hewan liar yang masih berkeliaran. Tapi juga karena ada hak pemilik tanah yang belum bayarkan tuntas. Semoga semuanya cepat selesai dan win win solution menjadi hasil akhir dari semua masalah ini. Aamiin

hiji ge Maung…..

contact : raza.rajendra@gmail.com

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di accident, berbagi, opini pribadi dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

15 Balasan ke Ganti Rugi Tak Dibayar, Warga Desa Pada Asih Subang Jadi Korban Tol Cipali

  1. Indomoto berkata:

    Kalo jaman pak harto gak ada yg berani nolak penggusuran. Tanya kenapa?

    Suka

  2. An_Syahri berkata:

    Duch.. Kasihan.. Gimana nih pengembang project tsb..

    Suka

  3. ndesoedisi berkata:

    Itu belum dibayar sama pengembang atau diambil sama pejabat daerah setempat ?

    Suka

  4. st3v4nt berkata:

    kalo masalah tanah proyek mah kompleks, jangan cuma liat dari sisi berita (apalagi yg model kayak tv oon) ada yg tanahnya ribut antar keluarga, surat gak lengkap, dobel, orangnya ngotot minta ganti rugi tinggi banget gak sesuai njop dan pasaran (bedain ya harga pasaran real sama spekulan) ada juga yg pimpronya main mata sama kepala daerah setempat…..

    Disukai oleh 1 orang

  5. goozir berkata:

    makanya pake twitter kan ada tuh twitter pak jokowi dan mentri tinggal mention aja… makanya harus melek tel=knologi.. sekarang kalo ada ketidak adilan tinggal langsung ngetwitt ke pihak berwenang ,….
    Kawasaki siapkan ER-7n untuk pasar eropa

    http://www.goozir.com/2015/07/kawasaki-siapkan-er-7n-untuk-pasar-eropa.html

    Suka

  6. japra berkata:

    sebaiknya hak milik atas tanah dihapus..semua diganti dgn hak guna bangunan..hak milik tanah hanya milik negara.. ini utk memudahkan perencanaan pembangunan..spt dinegara2 maju..

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.