Waspada : Paku “handmade” Ban Gembos Dalam 1 Menit….

image

Penampakan paku "handmade" yang bisa menggemboskan ban dalam 1 menit walau tubeless

Macantua.com – Ban bocor memang hal biasa dalam berkendara, baik roda 2 maupun roda 4. Baik terkena paku atau bocor alus yang menyerang ban terutama ban yang masih menggunakan ban dalam (tube tire). Membuat jasa tambal ban banyak dijumpai di pinggir jalan. Hingga akhirnya produsen ban memproduksi ban type tubeless dimana ban tidak dapat langsung kehabisan angin di dalamnya hingga paku dicabut. Tapi, apa jadinya bila ban tubeless pun bisa diakali para tangan jahil (entah tukang tambal atau pelaku kejahatan rampok) hingga ban bisa gembos alias kehilangan angin dalam satu menit saja. Seperti cerita “paku handmade” dari postingan Om David Honadi di sini.

image

Ane coba tulis ulang (copas) dati postingan beliau ya :

Buat rekan2 berhati-hatilah. Jika ada orang berboncengan di motor dan berdekatan dengan mobil kalian ketika di lampu merah. Mereka mengincar isi mobil atau bahkan ingin merampok dengan cara menebar paku khusus yg bisa membuat ban kempes hanya dalam hitungan 2 sd 3 menit saja. Ini terjadi semalam di bypass pramuka rawamangun terhadap saya. Tiba2 ada pengendara motor yg berboncengan mengetuk kaca mobil sambil menunjuk ban mobil.

Insting langsung dapat merasakan sesuatu yg gak beres. Walaupun kondisi mobil masih berjalan normal. Demi menghindari resiko, buru2 saya arahkan mobil ke dalam tol. Pengendara motor yg berboncengan tersebut tadinya berusaha mengikuti tetapi begitu saya masuk ke dalam tol, mereka terpaksa mengambil jalur lain sambil terus mengamati mobil saya. Setelah masuk ke dalam tol, saya mulai merasakan kondisi mobil sdh oleng dan bergetar. Segera saya pinggirkan mobil di sisi tol dan turun untuk cek ban mobil. Dan benar ban sudah kempes total.

Sambil manyalakan lampu hazard dan mulai membongkar ban cadangan dan berharap patroli jalan tol segera datang. Dan benar saja, dalam 15 menitan patroli jalan tol sdh datang dan memasang cone pengaman sambil membantu menerangi saya dan mengganti ban. Terima kasih pak petugas tol.

Pagi ini, cari tukang tambal ban. Dan hasilnya menemukan paku buatan yg sangat tajam dengan rongga di tengahnya. Paku ini dibuat khusus dan dapat mengempeskan ban hanya dalam 1 menit saja.

Buat rekan yg melintas di bypass tol wiyoto wiyono pada malam hari, mohon berhati-hati. Jika mengalami hal yg sama, berhentilah di tempat yg aman dan ramai sebelum cek ban mobil anda.

image

Kalau kita lihat bentuknya, paku handmade ini dibuat dari lempengan besi keras yang ditekuk dan dibuat runcing pada bagian ujungnya. Terlihat rongga dibagian tengah yang membuat aliran udara dari dalam ban meski type tubeless dapat keluar dengan cepat. Walhasil ban dapat gembos dan pelaku penggembosan dapat melakukan aksi selanjutnya.

 

image

image

Last, tips dari om David bisa digunakan. Jangan langsung berhenti, cari tempat yang dirasa aman untuk berhenti. Kalau perlu masuk tol untuk proses penggantian ban. Pastikan kunci roda, dongkrak dan ban cadangan dibawa dan dalam keadaan siap pakai. Dan pastinya lebih hati hati dalam berkendara, terlebih malam hari ya sob…. Ciao….

hiji ge Maung…..

contact : raza.rajendra@gmail.com

Iklan

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di adventure, ban, berbagi, mobil, motor, safety, toolset dan tag , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

36 Balasan ke Waspada : Paku “handmade” Ban Gembos Dalam 1 Menit….

  1. warungasep berkata:

    wuih cerdasnya bangsat Indonesia, terbalik dgn para titik-titiknya. ah sudahlah…

    Waloupun baru segelintir orang yang memilikinya, Honda Sonic 150R sudah diacak-acak buat dimodifikasi :
    http://warungasep.net/2015/08/28/galeri-modifikasi-honda-sonic-150r/

    Suka

  2. An_Syahri berkata:

    Waahhh… Bahaya nih..

    Suka

  3. fa74 berkata:

    Wew… Bahaya.

    Suka

  4. fbh n fby berkata:

    org indonesia emg kreatif2, tp sayang klo digunakan untuk hal2 yg tidak baik

    Suka

  5. andy tri berkata:

    waduh… ini nih yang bikin gerah… cuma gara-gara paku bisa berabe semua acara.

    https://andytri.wordpress.com/

    Suka

  6. sukmahandayani56 berkata:

    kbnerann seminggu yg lalu ane kena semacam paku di ban belakang tapi berbentuk setengah bulat.. smacam kaya ring pada komstir ..
    tpi anehnya 2 ujungnya lancip (sperti sgaja di bikin) . alhasil satu ring lagsung 2 lubang tembus karena bentuk nya yg bulet di bagi 2, jdi bulan sabit gitu..

    dan tetep kempess jugaa.. padahal tubles plus cairan.. tapi cairan lgsug moncrot..
    ktika di tmbal gak bisa gra² cairannya bikin licin klo di tmbal di isi angin tmbalan karet tublesnya mencotot kluar sendiri.. ahirnya beli ban dalem..

    kjadian pantura sebelum SGC cikarang..
    arah krawang-cikarang..

    penolongnya bengkel kiri jalan arah teleng-jbabeka cikarang..pokonya ngapak ngomongnya..
    penambal ban dpan pertigaan teleng..
    tengyuu pakdhee..

    Suka

  7. willykk berkata:

    b*ngs*t tuh para penjahat.. gimana nih pak polisi & pabrikan mobil tolong dibuat ban yg antikempes.. 😦

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.