Premium Vs Pertalite?

image

Pilih mana coba?

Macantua.com – Pertalite, bahan bakar minyak yang diperkenalkan Pertamina beberapa waktu lalu di Indonesia buat menjadi “pilihan” diantara premium dan pertamax. BBM beroktan 90 ini memang masih dijual dengan harga yang relatif bersahabat. Rp. 8400 untuk setiap liternya selisih Rp. 800 jika dibandingkan premium yang hanya beroktan 88. So bagaimana sih perbedaannya pertalite vs premium pada kendaraan.

image

Nih ane dapat beberapa gambar dari auto bild Indonesia di Facebook dan hasilnya lumayan beda lho… Entah jenis mobil apa yang digunakan dalam tes yang dilakukan auto bild ini,katanya sih Datsun Go. Tapi pada tabel di atas hasil uji emisi menyatakan hasilnya lebih sedikit kadar CO dan CO2 nya. Juga parameter lainnya. So dengan mengkonsumsi oktan lebih tinggi bisa mengurangi kadar pencemaran udara dong…

image

Melirik ke uji performa, di sini terlihat ada kenaikan power dan torsi yang lumayan signifikan. 3,6 HP dan 3,6 NM lebih tinggi bisa diraih mesin pada putaran mesin yang sama. Jelas dengan naiknya power dan torsi yang lumayan ini berefek pada akslerasi kendaraan. Tercatat selisih 0,5 detik untuk melaju dari posisi diam ke kecepatan 60kmph, sedangkan selisih 0,3 detik dari posisi diam ke angka 100kmph. Lumayan jadi lebih responsif kan?


Dengan naiknya power dan torsi bukan hanya akslerasi yang terkena dampak. Konsumsi bensin pun menjadi jauh lebih irit. Untuk kondisi dalam kota yang average kecepatan hanya sekitar 22-23 kmph saja selisih 0,2 km alias 200m untuk setiap liter bensinnya. Bisa dibayangkan kan dengan bensin yang sama bisa berhemat 200 meter setiap liternya. Terlebih saat diuji coba di jalan tol yang average kecepatan bisa sampai 80kmph, konsumsi bensin selisih bisa mencapai 1,1 km antar premium dan pertalite.

Last, pilih yang mana? Selisih 800 perak tapi bisa dapat performa lebih, mesin lebih bersih dan tentu saja jauh lebih irit. Kalau ane sih Yess!

All pict by : Auto Bild Indonesia

hiji ge Maung…..

contact : raza.rajendra@gmail.com

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di opini pribadi dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

20 Balasan ke Premium Vs Pertalite?

  1. Rio berkata:

    Bedanya sedikit terasa, tapi borosnya ampir sama

    Mumpung lagi ada waktu ngeblog….

    One Heart Card ada aplikasi mobilenya, khusus buat Jatim tapi 😁
    http://motorrio.com/2015/09/12/one-heart-card-dari-mpm-udah-ada-mobile-apps-nya-loh/

    Suka

  2. FЭЯY berkata:

    maning keneh pertamax sakalian weh 😆

    Suka

  3. sutopo berkata:

    joss tenan 😀

    Suka

  4. ardiantoyugo berkata:

    Pertalite ga terlalu kerasa… wkwkwkwk…

    Suka

  5. metomnulis berkata:

    Tigi ane cocok om pke lite, pke max malah jd boros. Kok aneh ya?

    Suka

  6. auf13 berkata:

    blade 125 biasa pertamax pakai pertalite serasa turun power .
    biasana mah kang ngisina di dago, abi teh.

    ayeuna mah isian we ku pertalite lebih murah tapi teu lelet siga premium eta motor.
    ai kanu skywave abi mah sigana teu cocok sae keneh pakai premiun

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.