Ini Salah Satu Yang Bikin Sonic 150 R dan CB150R Berakslerasi Cepat : Piston!

image

Macantua.com -Piston alias seher adalah salah satu komponen dari mesin yang memberikan kontribusi besar dalam sebuah kinerja mesin. Piston bekerja keras naik dan turun demi menghasilkan tenaga sang motor. Dan Piston ini juga yang membuat Sonic 150R dan CB150R kencang berakslerasi. Kita bahas yuk…

image

Kalau kita lihat gambar di atas, yang merupakan penampakan 2 piston berbeda. Sebelah kiri adalah piston K15 yang digunakan pada CB150R Street Fire dan CBR 150. Sedangkan sebelah kanan adalah piston K56 alias Sonic 150R dan CB150R facelift. Secara dimensi memang piston baru ini terlihat lebih kecil secara diameter yang hanya 57,3mm bandingkan dengan versi sebelumnya yang 63,5mm.

image

Piston terbaru ini memiliki bobot yang lebih ringan 18gr. Dibantu juga oleh penurunan bobot conrod (connecting rod) dan pin piston masing masing 4gr dan 10gr membuat kinerja mesin baru ini lebih ringan. Belum lagi pada piston baru ini ditambah dengan adanya lapisan ceramic di bagian sisi piston yang mampu mengikat pelumas. Lihat bulatan bulatan pada bagian hitam (ceramic) di piston. Ini yang berfungsi mengikat dan menjaga oli agar tetap menempel pada dinding piston sehingga pelumasan maksimal meski dalam kondisi mesin baru dihidupkan pada pagi hari. Dan jelas ini yang bikin akslerasi asal makin yahud selain konfigurasi mesinnya yang memang near square DOHC.

Gimana sob? Makin pede kan sama teknologi di Sonic 150 R dan CB150R mu? Semoga bermanfaat ya… Ciao….

hiji ge Maung…..

contact : raza.rajendra@gmail.com

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di ahm, DOHC, honda, motor, parts dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

57 Balasan ke Ini Salah Satu Yang Bikin Sonic 150 R dan CB150R Berakslerasi Cepat : Piston!

  1. ardiantoyugo berkata:

    Cbr malah ga ada keramiknya yang membuat oli nempel pada mesin dingin ya… :mrgreen:

    Yang menarik dari MotGP Aragon 2015: http://wp.me/p1eQhG-1nw

    Suka

    • supra 2002 ku awet rajet berkata:

      dibaca lagi oomm, bobot lebih ringan. berarti patut disinyalir materialnya pun beda. makanya dikasih tehel eh keramik krn si material gak bs ngiket oli ato istilahnya downgradeee cuyyyy….

      Suka

      • ariefsujatmiko berkata:

        downgrade dilihat dari apa? kalo teknologi itu yg penting tujuannya apa kalo bikin kerja mesin semakin ringan maka itu suatu upgrade karena semakin bagus dilihat dari tujuan pembuatannya…

        Disukai oleh 1 orang

      • supra 2002 ku awet rajet berkata:

        namanya teknologi itu pst mengatasnamakan “lebih baik”. pertanyaannya, lebih baik bt pabrikan ato konsumen? logika aja, ngapain dikasih keramik kl emang bs materialnya bs ngiket oli? double produksi, double cost, pabrikan mau? ya mesti ada udang dibalik batu. material sekarang gak 20% dr yg lama, double cost pasang kramik masih untung 40% dr material lama. nah, downgrade gak sih?

        Suka

  2. Kobayogas berkata:

    oh sugan euweuh pistonan 😀

    Suka

  3. felitokia berkata:

    63.5=57.3= 150 cc kok bisa? apa saja yg mempengaruhi volume mesin selain piston mang?

    Suka

  4. metomnulis berkata:

    Like bnget, pngetahuan baru nieh

    Suka

  5. ariefsupriyadi90 berkata:

    Beli pistun aj dlu ah

    Suka

  6. Cemedz berkata:

    sayangnya q gak mudeng ma permesinan. mudengq cuma cabe, terong, pepaya dll. so, komen asal2an aja. but makin k sini enginer makin cerdas makin bikin puyeng bengkel pinggir jalan. hehehehehe. suwun

    Suka

  7. budbud berkata:

    cb150 deuiiiiii….
    versuskeun jeung maung

    Suka

  8. budbud berkata:

    lah komenku mana… kena jaring laba2 yah

    Suka

  9. SuRyA berkata:

    saya baru tau penampakan piston si sonic seperti itu. ada lingkaran-lingkaran gitu 🙂

    https://dk8000.wordpress.com/2015/09/29/3762/

    Suka

  10. tlekem berkata:

    foto jaket merah pasti si ndeso 😆

    Suka

  11. k5538gl berkata:

    tapi kan kemaren kalah sama mx king

    Suka

  12. bangir berkata:

    Mosok coakan gitu aja tehnologi??…inovasi kali…kalau long stroke ya pasti diameternya lebih kecil..itu sdh otomatis…bukan tehnologi…kalau pistonnya lebih kecil yang lain jg ngikuut..piye to kaang..

    Suka

  13. thedeadbone berkata:

    semoga kualitas pistonnya yahuuudddd secara kompresinya tinggi juga cekokin premium jossss dah kalo motor aman

    Suka

  14. suro berkata:

    trus klo sonic di ganti piston old cb jadi makin gokil ya pakdhe… 180cc.. wow…

    Suka

  15. subaru berkata:

    ane sukanya pushtun

    Suka

  16. sangsang berkata:

    tumben nih ga ada fanboy

    Suka

  17. Ping balik: Video Full Race Moto GP Serie Twin Ring Motegi Jepang 2015 | macantua

  18. indah berkata:

    Bagus gan. Makasih infonya …

    hobi kicau

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.