Jarang Pakai Kick Starter Pada Matic? Awas Macet!

image

Macet cooyy

Macantua.com – Kick starter,merupakan sebuah fitur yang diberikan pada motor oleh pabrikan untuk menghidupkan mesin. Tapi sejak hadirnya teknologi electric starter puluhan tahun lalu, kick starter pun mulai ditinggalkan. Yah meski ga semuanya meninggalkan kick starter, tapi terkadang adanya starter elektrik ini membuat kick starter jarang digunakan. Terutama pada motor jenis matic, dimana posisi kick starter tidak mudah dijangkau seerti pada type motor lainnya. Makin jarang disentuh!

image

Ini berdasarkan pengalaman beberapa teman yang memang menggunakan motor matic dalam kesehariannya. Kick starter macet! Kick starter ga mau kembali ke posisi semula setelah digunakan, bahkan harus ditarik dengan tangan. Bahkan nih, ada yang sampai macet susah bergerak!

Apa sih penyebabnya kick starter macet? Memang kick starter pada matic berada di bak CVT ada di bawah dan dekat dengan tanah, menjadikannya sangat mudah disusupi debu juga kotoran. Belum lagi lubang pernapasan CVT yang ada tepat di bagian bawah, sangat memungkinkan air dan debu masuk ke bagian dalam, yang biasanya menyebabkan kerak bahkan karat timbul.

image

Terus, gimana dong biar ga macet? Nah buat yang doyan bongkar bongkar motor sendiri sih gampang sebenarnya. Karena mau gamau memang harus sedikit bongkar bagian CVT. Pertama yang harus dilakukan ya bersihkan CVT secara berkala dan bersihkan bagian dalam dengan bantuan angin kompresor yang kuat. Lalu lanjutkan dengan membongkar gearkom kick driven. Loh buat apa? Karena gear kom kick driven ini yang sering macet. Jadi gear kom kick driven harus dibersihkan, jangan lupa oleskan grease agar terlumasi dan terlindung dari karat agar kick starter ga macet lagi.

Gimana sob? Mau mencobanya sendiri di rumah? Gampang kok….

hiji ge Maung…..

contact : raza.rajendra@gmail.com

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, hobby, iseng, mesin, modifikasi, motor, perawatan, perbaikan dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

32 Balasan ke Jarang Pakai Kick Starter Pada Matic? Awas Macet!

  1. felitokia berkata:

    Betul tuch kick stater mesti dipake, kl sekedar macet msh bisa dibetulin! minimal pagi hari pertama mau pake motor! bikin awet kelistrikan jg! khususnya aki dan head lamp! kl ga dipake bisa2 nasibnya spt di Nmax saya punya, menghilang kick staternya tdk berbekas, ajaib!!

    Suka

  2. kongtarapapa berkata:

    Terimakasih info nya. Saya jarang sekali pakai kick starter.. jadi tambah ilmu. Trims

    Suka

  3. An_Syahri berkata:

    Klo pengin praktis bawa ke bengkel sekalian servis mas.. Kayak ane kemarin… Standarnya tiap 8rb Km klo gak salah harus dibersihin..

    Suka

  4. morning rider berkata:

    sayang banget ya kalo macet….

    Suka

  5. goozir berkata:

    service rutin sekalian bersihin cvt

    Ducati panigale 959 terpanatau sedang di test jalan, selengkanya di goozir.com

    Suka

  6. rezawarblo27 berkata:

    sebelum menhidupkan mesin matic wajib seminggu sekali pake kick stater biar gak karat kata orang2 bengkel

    https://warungjomblo.wordpress.com/2015/10/06/jepret-foto-terbaru-blacberry-priv-mengungkapkan-mampu-merekam-video-4k/

    Suka

  7. handoyo25 berkata:

    apakah ada yg pernah alami masalah pada standar tengah pada motor matic? (yg juga sangat-sangat jarang dipakai)

    Suka

  8. SuRyA berkata:

    vario 125 nya sama aman mas.
    tapi dulu yg kena satria 120R saya yang jarang kepake. akhirnya klo mau dipake mesti di kopling dulu biar starter bisa digerakkan. klo sdh lemes baru deh kopling dilepas lalu tinggal starter..
    cetak.. cetak.. grenggg.. grengg.. seketika asap knalpot seperti sedang nyemprot nyamuk hahahahahaha.. maklum ya mas. pengalaman pribadi

    https://dk8000.wordpress.com/2015/10/06/flashback-perkembangan-motor-di-tanah-air/

    Suka

  9. fa74 berkata:

    Wah gmn nasib itik dirumah ya… gak pernah pake, gak pernah service.

    Suka

  10. sukmahandayani56 berkata:

    hahahahaa… koyo varione nyaiku yo ngono.. di doglek nyantol..hahaha.. cz males ngekick repot mesti standar tengah dulu..hahaha

    Suka

  11. Lukman berkata:

    SOP di Manual Reparasi sih,,, Gear Kick Starter gk boleh diolesi Grease karena akan menangkap debu dan debu yg terakumulasi akan membuat kick starter kacet dan merusak gear,,, Gear Kick starter itu tidak berat tekanannya dan dipakai juga beberapa kali selah, tidak berpitar seperti gear pada gearbox, jadi tidak perlu diolesi pelumas seperti grease malahan jika diolesi grease akan membuat kick starter cepat kacet lagi karena akumulasi debu yg tertangkap oleh grease pada gear kick strter,,,

    Bagian yg harus diolesi grease adalah pada as nya,,, hanya itu,,, itu pun greasenya khusus yakni grease yg mengandubg Molybdenum, cirinya warna greasenya hitam, biasa digunakan pada komponen truk,,, tau kah anda pada mobil ada yg namanya “kocok gemok” ?, nah grease yg digunakan adalah grease molyhdenum, bisanya di mobil cara pengaplikasiannya pakai alat khusus seperti pompa manual, dengan metode pompa melalui selang yg terdapat valve.

    Itu pun hanya sedikit aja diolesi ke as kick starter,,,

    Ingat musuh kick starter matic itu debu, dwn grease sangat2 mudah menangkap debu, jadi gunakan grease dengab bijak, jangan lebay, dan aplikasikan pada as kick starter aja, bukan pada gear kick starter.

    Kalo nekat mengolesi grease pada gear kick starter, siap2 aja nanti bakalan cepat macet lagi, cepat minta service lagi,,,

    Suka

  12. Luqmanul Hackim berkata:

    Jangan salah melumasi Kick Starter gan,,,

    Masalah kick starter gk mau balik ke posisi semula itu karena salah SoP pelumasan,,,

    Kick Starter itu Emergency Starter, masa iya jadi manja, perlu perlakuan khusus, dan kalo gk jadi ngambek gitu,,, pasti ada yg salah kenapa jadi bisa gitu,,, apalagi matic, terlalu buang-buang waktu dan tenga buat make tu kick starter secara berkala, apalagi buar rider cewek,,,

    https://luqmanulhackim.wordpress.com/2016/01/03/jangan-salah-melumasi-kick-starter-matic/

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.