Konsumsi BBM Jupiter Z1: Irit Banget!

image

Macantua.com – Siapa tidak kenal dengan klan Jupiter dari Yamaha, bahkan sobat ane Ferboes pun masih sangat mencintai klan ini sampai saat ini. Klan Jupiter memang dibagi menjadi 2 kasta, dimana kasta tertinggi kini diisi Jupiter MX King 150 dan kasta entry levelnya diisi oleh Jupiter Z1. Nah dengan mesin entry level tentu ketangguhan serta keiritannya wajib diuji. Berapa sih konsumsi bbm alias bahan bakar minyak Jupiter Z1? Apakah Irit? Yuk kita bahas!

Berbekal sebuah data dari seorang sobat di kota hujan sana (hatur nuhun mang Dede) kita coba berhitung seberapa irit sih Yamaha Jupiter Z1. Nah sesinya dibagi menjadi 2. Yaitu sesi perjalanan jauh, dan sesi perjalanan dekat. Tracknya cukup menantang yakni untuk jarak jauh motor dipacu dari Jonggol hingga Sukabumi dengan jarak tercatat pada 167,1 km (9787 – 9619,9 = 167,1 km).Perjalan dimulai dengan kondisi full tank alias penuh. Setelah sampai dan diisi penuh kembali ternyata menghabiskan 3,11 liter bensin. So,kalau kita hitung konsumsi bbm Jupiter Z1 untuk jarak jauh adalah ,=  167,1 : 3,11 = 53,72 km per liter. Mantap Irit puoll…

Setelah melakukan pengetesan dan pengukuran konsumsi bbm jarak jauh kini Jupiter Z1 kembali dilakukan pengetesan perhitungan konsumsi bbm jarak dekat. Track yang ditempuh kali ini dari Jonggol hingga Cileungsi dengan jarak 158km (9945 – 9787 = 158 km). Ternyata konsumsi bbm justru menghabiskan sedikit lebih banyak jika dibandingkan konsumsi bbm saat perjalan jarak jauh. Kali ini 3,14 liter bensin masuk ke dalam tangki saat sudah sampai. So kalau kita hitung konsumsi bbm nya adalah : 158 : 3,14 = 50,3 km per liter. Selisih sekitar 3km dibandingkan perjalan jarak jauh.

Carita ridingna: pokonamah panjang x lebar we.. Hihihi.. 🙂
Jarak jauh : jonggol-sukabumi
Jarak dekat: jonggol-cileungsi
Rider: 165cm, 55kg.
Metode pengukuran : full to full
Jenis bbm : pertamax

Bagaimana sob? Irit kan? Bikin dompet adem kalau irit begini sih…. Ciao….

hiji ge Maung…..

contact : raza.rajendra@gmail.com

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di konsumsi bensin, motor, yamaha, yimm dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

38 Balasan ke Konsumsi BBM Jupiter Z1: Irit Banget!

  1. cadoxs berkata:

    Di banding rivalnya kek punya mbah mo irit mana

    Suka

  2. Besok Siang berkata:

    50,3 km per liter –> masih kalah sama xeon rc saia, yang tembus 57.7 km per liter ..
    top speed cuma 85kpj & bbm : pertamax

    Suka

  3. Trenz berkata:

    wajar, metik saya aja bisa tembus 50km./liter

    regitrasi kartu prabayar melalui sms 4444 dihentikan
    https://ngetrenz.wordpress.com/2015/10/20/cara-baru-aktivasi-simcard-prabayar-sms-4444-dihentikan/

    Suka

  4. Mase berkata:

    yamaha bisa irit juga

    Suka

  5. orang awam berkata:

    normal lah, ga boros tapi juga ngga irit banget. kurang lebih sama kayak punya saya

    Suka

  6. racing boy berkata:

    Wah irit ya ditest aslinya..padahal d manual book resmi yamaha jupiter z1 dklaim 46km per liter sesuai spek yahudnya…Gass..polll.sruput kopi dulu

    Suka

  7. metomnulis berkata:

    Kirain test jarak dkat itu 70 atau 80km, eeee….. trnyta 150km lbh, hihihi…..

    Suka

  8. indut berkata:

    mang belum pernah nyobain suzuki shooter115 cc.
    bakalan kaget .
    pengalaman ane buat harian rata rata 63~65 km/l premium.
    daily use di wilayah cikarAng.
    buat jarak jauh cikarang – kebumen jawa tengah 80 km/ l premium.
    sudah dua th lebih ane pakai dari awal louncing dulu.
    kelemahan body enteng , kaya melayang di kecepatan tinggi diatas 90km/jam

    Suka

  9. eko354 berkata:

    Test punya istri, Jupie Burhan 2008, Bogor-Cianjur p.p., metode sama, dapet 53,8 km/L BBM Premium.
    Test motornya yg satu lagi, Honda Vario 125 ISS 2013, Bogor-Bandung p.p., metode sama, dapet 52,1 km/L BBM Pertamax, plus sakit pinggang 2 hari, wkwkwk.

    Suka

  10. dazz berkata:

    Lebih boros dibanding sonic yg diuji motorplus.. 55kpl..
    Kalo ga percaya duit kembali..xixi

    Suka

  11. WA2AN berkata:

    irit vega ku,225km habis premium 25rb,,,gas pollllllll

    Suka

  12. gc133hijrah berkata:

    Standar itu kang…

    Mau cobain shooter…?

    Main ke Harvest….

    Ana punya shooter

    Suka

  13. gc133hijrah berkata:

    Motor 110-115 FI kalo main asal betot rata2 masih dapat 1:45-1:50an…

    Jadi 1:53 jarak jauh itu biasa…..

    Suka

  14. gc133hijrah berkata:

    Wah…. Tanggal itu ana lg d Bandung euy…… 😀

    Suka

  15. jrda berkata:

    irit dan lumayan nampol tenaganya.
    bebek tulen paling sip ini

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.