Ring Piston, Si Kecil Yang Kuat!

image

Macantua.com – Ring piston alias ring seher kalau kata anak bengkel adalah benda fital dalam sistem kerja sebuah mesin. Ring piston ini bergesekan dengan dinding silinder block setiap piston atau seher bergerak naik dan turun. Keadaan dan kondisi piston ini mempengaruhi kondisi kerja mesin, jadi ga bisa asal pasang. Ada tips dan trik memasangnya agar ring piston bekerja sempurna sesuai fungsinya.

Kalau kita lihat bentuknya ring piston berbentuk bulat melingkar berupa cincin. Fungsinya untuk membantu piston melaksanakan proses kerja motor, yaitu sebagai penyumbat untuk mencegah agar tidak terjadi kebocoran saat melakukan langka kompresi. Selain itu, ring piston juga berfungsi sebagai pembawah oli pelumas di samping selinder agar tidak terjadi keausan.

Kalau bicara mesin motor pasti akan bicara 2 tak (stroke) dan 4 tak (stroke). Ternyata keduanya mempunyai bentuk berbeda pada pistonnya. Begitu juga dengan ring pistonnya. Bagaimana cara memasang piston yang benar sesuai type.mesinnya? Nih dia cara pasang dan cara membedakannya :

image

Cara pasang Ring Piston 4 tak :
1. Pasang ring oli pada posisinya yaitu lubang paling bawah dengan cara menghadapkan tanda tanda N / T / R ke atas (top)
2. Pasang ring kompresi 2 pada rumahnya yakni pada lubang tengah dengan menghadapkan tand tanda 2N / 2R / 2T ke atas (top) atau dengan menghadapkan peritnya ke bawah
3. Pasang ring kompresi 1 pada rumahnya yaitu pada lubang paling atas dengan menghadapkan tanda 1N / 1T / 1R ke atas (top)

Nih Videonya :

image

Berbeda dengan piston 4 tak (stroke) yang memiliki 3 ring piston. Untuk piston 2 stroke biasanya hanya terdiri dari 2 ring piston. Berikut cara pasang ring piston 2 tak :

  1. Pasang ring per pada lubangnya yang paling bawah yakni rumah ring kompresi 2 ( apabila ada ring per)
  2. Pasang ring kompresi 2 di atasnya dengan menghadapkan tanda merk 2T/2R/2N ke atas (top)
  3. Pasang ring kompresi 1 pada rumah ring yaitu lubang atas dengan menghadapkan tanda merk 1T/1R/1N ke atas

Yang perlu perhatikan di sini adalah cara membedakan ring kompresi 1 dan ring kompresi 2 langsung saja berikut caranya:

 1. Ring kompresor 1
Pada ujung ring terdapat tanda merk 1N/1T/1R, Agak tebal, Lebih keras atau daya per-nya lebih keras, Pada ujung ring terdapat coakan / rumah spie pengancing.

2. Ring kompresor 2
Pada ujung ring terdapat tanda merk 2N/2T/2R, Agak tipis, Agak lemah daya per-nya,Pada ujung ring terdapat coakan / rumah spie pengancing

Untuk lebih jelasnya bisa lihat di video berikut :

Gimana? Jelas? Semoga berguna ya sob… Ciao……

hiji ge Maung…..

contact : raza.rajendra@gmail.com

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, hobby, iseng, mesin, perawatan, perbaikan dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Ring Piston, Si Kecil Yang Kuat!

  1. FЭЯY berkata:

    sussis woooo ooo o sussis :mrgreen:

    Suka

  2. mansarPost berkata:

    mantaaaapp..

    ring piston –> si kecil kuat
    tmcblog –> bapaknya si kecil kuat

    Suka

  3. ardiantoyugo berkata:

    Baru beberapa minggu ganti…

    Kenalan sama Aprilia RSV4: http://wp.me/p1eQhG-1py

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.