Komparasi GSX R150 vs CBR150R vs YZF R15

komparasi-cbr150r-vs-gsx-r150-vs-yzf-r15-macantua-com

Macantua.com – 3 Pabrikan Jepang sudah punya jagoannya masing masing di kelas full fairing 150cc. Honda dengan CBR150R, Suzuki dengan GSX R150 dan Yamaha dengan YZF R15. Nah kalau kita komparasikan secara data teknis siapa pemenangnya?

Bicara soal motor dari 3 pabrikan ini pasti bakalan panas, ngeri ngeri sedap kalau kata Pak Sutan Batugana. Kenapa? Karena kelas ini.memang kelas teramai buat dimiliki. Yah harga masih relatif murah di angka 30 jutaan, gengsi motor katok an tentu lebih dati motor telanjang. Secara desain ketiganya memang cakep. CBR150 jujur ane bilang paling futuristik diantara ketiganya. Sementara YZF R15 cenderung racy, berbeda dengan GSX R150 yang terlihat lebih kalem dengan body rampingnya. Tapi di sini gSX R150 dan CBR150R wajib dibilang paling kece buat urusan headlamp yang sama sama sudah mengaplikasi LED untuk lampu utamanya sedangkan YZF R15 masih menggunakan mata belo bersumber bulb alias bohlam.

Masuk sisi dapur pacu sepertinya YZF R15 harus sedikit legowo. Dapur pacu SOHC 150cc nya hanya memberikan kenikmatan torsi di awal, untuk raihan power mungkin tak seberingas CBR150R, tapi maaf, ane harus jujur GSX R150 sepertinya lebih menjanjikan untuk urusan speeding. Pasalnya power sebesar 19,17 HP tentu saja ga sebanding dengan power CBR150R dan YZF R15 yang selisih lebih dari 2 HP dibawahnya. Belum lagi bobot yang terpaut jauh dengan kompetitornya membuat power to weight rationya terbaik di kelasnya.

Untuk urusan pecicilan di jalan memang sebelumnya YZF R15 terkenal easy buat pecicilan. Tapi desain baru CBR150 membuat jarak sumbu roda semakin kecil, apalagi GSX R150 yang lahir paling bontot punya sumbu ronda terpendek yang mengakomodir buat pecicilan di jalanan. Masih soal dimensi, ketinggian jok pun GSX R150 memang cocok buat orang indonesia. Kalau disandingkan ketiganya GSX R150 punya tinggi jok terendah.

Tapi bukan berarti GSX R150 bisa jadi juara segalanya. Kompensasi dari jok dan bonot ringan juga ada. Ground clearance alias jarak ke tanah terendah dimiliki oleh GSX R150, jadi ya motor ini memang ” jalan mulus oriented” dan kapasitas tangki yang hanya 11 liter membuatnya memiliki kapasitas bahan bakar terkecil. Efek dari efisiensi bobot juga kan?

 

Suzuki GSX-R150 VS Yamah R15 VS Honda CBR 150R:

Suzuki GSX-R150 Yamaha YXF-R15 Honda CBR 150R
L X W X H 1.975 X 674 X 1.070 mm 1.975 X 660 X 1.070 mm 1.983 X 694 X 1.038 mm
Whellbase 1.300 mm 1.345 mm 1.311 mm
Seat height 785 mm 800 mm 787 mm
Ground clearance 150 mm 160 mm 166 mm
Weight 126 kg (dry weight) 136 kg 135 kg
Engine DOHC 4 valve water cooled SOHC 4 valve water cooled DOHC 4 valve water cooled
Cylinder 1 cylinder 1 cylinder 1 cylinder
Bore X stroke 62 X 48,8 mm 57 X 58,7 mm 57,3 X 57,8 mm
Power 14,1 kw (19,17 HP) @ 11.000 rpm 12,2 kW (16,6 HP) @ 8.500 rpm 12,6 kW (17,1 HP) @ 8.500 rpm
Torque 13,9 Nm @ 8.500 rpm 14,5 Nm @7.500 rpm 13,7 Nm @ 7.000 rpm
Transmision 6-speed 6-speed 6-speed
Frame Diamond Twinspar Diamond (truss) frame
Tire front 90/80-17 90/80-17 100/80-17
Tire rear 130/70-17 130/70-17 130/70-17
Fuel tank 11 litres 12 litres 12 litres
Emission Euro 3 Euro 3 Euro 3

Gimana? Kira kira kalau diadu dijalanan siapa yang menang? Ane sih pegang GSX R150 dengan rider super nekat hahahaahhahahaha….. ciao….<

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, honda, motor, suzuki, yamaha dan tag , , , , , . Tandai permalink.

21 Balasan ke Komparasi GSX R150 vs CBR150R vs YZF R15

  1. bescorpio berkata:

    berat GSX R150 masih kering, kalau semua cairan diisikan jadinya sekitar 135kg, secara Power to Weight Ratio masih menang GSX lah, satu lagi rangka GSX R150 bukannya twin spar? (modifikasi rangka Satria FUFI),

    Suka

  2. MT 115 berkata:

    wooowwww

    Suka

  3. Coeg berkata:

    Nambahin dikit itu rangka bukan diamond kang ternyata. Semacam twinspar tapi kecil mirip kaya punya rgr satria 2 tak. Kombinasi twinspar tubular setau saya begitu, kmrn di imos coba coba ngerogoh ke bagian sasis

    Suka

  4. Are wege berkata:

    Cukup pake fu fi aje ,buat ngamplengin R15,CBR .. hehehe ..
    Menurut ane sih fu fi udh lebih dari cukup.. bobot lebih ringan lagi, .. pwr Dan the lebih tinggi di kelasnya 150cc

    Suka

  5. handoyo25 berkata:

    Tidak ada kata terlambat buat R15 utk melakukan facelift, kalau perlu major update jadi All New R15

    *pesan yg sama buat R25

    Suka

  6. wkwkwkwkwk…
    klo mw R15 kek Minerva VX pake projie n shock depan USD, mereka bisa murah kenapa japanese gak bisa?

    Viar aja pake USD n Projie kok.

    :v

    Suka

  7. andika berkata:

    klo ramping, kayaknya masih lebih ramping CBR dah om IMHO

    Suka

  8. Cipluk berkata:

    Jelas gesexer dunk, apalagi ganti ban tjatjing….jusss!

    Suka

  9. COCODOT berkata:

    Gak seimbang lah masa motor jadul di komparasi motor baru… Nanti kalau muncul r15 versi 3… Nah baru adil coy….

    Suka

  10. ceos deb berkata:

    klo menurut ane lebih futuristik gesex r150.
    melihat stang cbr150 msih klihatan ktinggian dan cbr150 terkesan matic banget dari depan body ok tpi fairingnya wagu..
    r15 ok hanya sja itu tangkinya kanclep..

    Suka

  11. BajaHitam berkata:

    Cie ciee… yg takut kesaingan sama motornya Ksatria Baja Hitam pd ketakutan… kwkwkwk

    Sudahlah, buka mata buka telinga, cek2 situs luar terpercaya. Motor trcepat itu ya pabrikan motornya Kotaro Minami… Suzuki làh… kwkwkwk

    Tapi klw mw ttp demen ama mtor lama yo wes rapopo… kwkwkwk

    Suka

  12. Rivky dwi.S berkata:

    Omong omong,perbandingan top sped antara Gsx R150 DOHC dan old CBR 150R DOHC carburator yang versi thailand berapa yaa mas?? Cuma mau nanya aja,kalau boleh kasih tau, tapi kalau jaman sekarang pada main kenceng kencengan,semakin di depan,dan berakhir ditangan Tuhan,hahahahaha,thanks mas

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.