Speedometer Digital Itu Keren, Tapi Ada Lemahnya Lho

suzuki-gsx-r125-panel-speedometer

Macantua.com – Bicara soal speedometer pasti sudah sering liat hehehehe tapi saat ditanya type speedo meter pasti akan jawab analog dan Digital (LCD). Analog pasti sudah banyak tau, apalagi hampir semua kendaraan menggunakan speedometer model ini. Nah beberapa waktu terakhir ini kembali marak penggunaan Speedometer digital alias LCD. Disamping terlihat futuristik, speedometer akan tampak lebih simple. Dan yang jelas tampilannya jadi keren banget. Tapi jangan salah sob, Speedometer digital itu punya kelemahan juga lho….

Perbandingan speedometer yang terkena sunburn

Perbandingan speedometer yang terkena sunburn

Salah satunya adalah sunburn alias terpapar matahari. Hal ini pernah terjadi dengan ane saat si Maung tiger kesayangan di templokin speedometer digital sepeda Cateye. Saat motor dijemur di panasnya matahari, mendadak LCD berubah warna menjadi full hitam dan baru hilang saat kondisi speedometer benar benar dingin. Efeknya jelas, angka di layar LCD tak tampak sama sekali. Bikin ane ga bisa tau berapa kecepatan yang digunakan dalam berkendara.

speedometer mazda Astina yang sudah mulai lepas polarize nya

Kasus di atas mungkin contoh kasus pada motor, tapi kasus kedua ane alami pada mobil Astina Hijau tunggangan ane. Umur Speedometer Digital juga tak sepanjang speedometer analog. Sama dengan kasus sunburn pada kasus pertama yang mengalami perubahan warna adalah lapisan polarize nya. Pada umur lama ditambah dengan panasnya terpapar cahaya matahari lapisan polarize speedometer digital biasanya akan lebih cepat “melendung” bahkan terkadang pecah pecah. Akibatnya meski layar tak berwarna hitam tapi angka semakin lama semakin redup tak terlihat. Kaya kalkulator abis batre gitu deh.

Penanggulangannya sih gampang sebenarnya sob, kalau punya duit tinggal ganti lapisan plastik polarize nya pasti beres. Speedometer akan balik seperti baru lagi. Tapi bagaimana agar umurnya bisa bertahan lama? Nah ini butuh keapikan penggunanya. Misalnya motor jangan dibiarkan atau sering diparkir dengan kondisi terpapar matahari secara langsung. Atau kalaupun terpaksa terparkir di panas teriknya matahari bisa ditutupi bagian speedometernya agar ga langsung terkena cahaya intens yang panas dari matahari. Buat yang pakai mobil, pastikan saat terparkir suhu di dalam mobil tidak terlalu ekstrem. Bisa dengan cara sedikit membuka kaca jendela (apalagi aklau sudah pakai talang air) atau menggunakan pelindung kaca bagian depan. Semoga berguna ya… CIAO….

<

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, mobil, motor, speedometer dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Speedometer Digital Itu Keren, Tapi Ada Lemahnya Lho

  1. klo mw aman pake punya Honda sob dah terkenal awet, kuat, tahan lama dan tentu saja murah meriah.

    buruan ke dealer Honda sekarang

    :v

    eniwei, klo gw lebih suka analog, apalg liatin jarum tacho naik turun. beuh…

    Suka

  2. keren nih video…

    bikin ngiler ajah…

    Suka

  3. DNFmagz berkata:

    Ooowww pantesan beberapa waktu lalu cbr ane kok spedonya kyk jd burem gitu, mungkin ini ya

    Suka

  4. COCODOT berkata:

    Untungnya vega r saya masih analog Wkwkwk…

    Suka

  5. rangga berkata:

    Dihh ada spede dombagarut ane tuh.alhamdulilah dombagarut ane da 5 taon masih aman tuh spido masi jelas sprti baru wlaupun sering di jemur di terik matahari,tipsnya mah gampang biar gak mudar spedonya tinggal tutupin pake stiker transparan hitam

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.