Pajak Motor Ga Naik, Hanya Biaya Administrasinya. TAPI… Harga Motor Akan Naik!

kenaikan stnk bpkb

Macantua.com – Heboh beberapa hari kemarin soal “naiknya pajak kendaraan bermotor hingga beberapa kali lipat”. Memang sebenarnya ini ada miss komunikasi antara pemerintah dan Masyarakat tentang Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016, tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), yang diberlakukan per hari Jumat, 6 Januari 2017. Dimana Pemerintah hanya menaikkan biaya administrasi untuk pembuatan plat nomor, STNK dan BPKB. Bukan pajaknya sob….. Tapi…. Efeknya sudah pasti, Harga motor on the road (otr) pasti akan tekatrol naik!

Lho kok bisa naik? Ya iyes lah naik. Secara setiap dealer motor rata rata menjual motor dalam keadaan siap jalan. Maksudnya siap jalan secara fisik motornya yang sudah terakit sempurna beserta surat suratnya yang meliputi plat nomor, STNK dan BPKB. Masa iya jualan motor batangan doang cuma dikasih faktur terus yang beli ngurusin sendiri surat sudatnya dengan modal faktur pembelian kan ribet coy….

Menurut Harold Donnel, Section Head 4 Wheel Product Development PT SIS, pihaknya tentu akan menyelaraskan besaran harga mengikuti kenaikan tarif pengurusan BPKB dan STNK. “Naik harga itu sudah pasti, biasanya kenaikan harga BPKB, STNK dan lain-lain itu secara persentase dibandingkan dengan NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor). Pasti kita ikuti persentase dari pemerintah,” (sumber : viva)

Pajak motor

Nah kan… Kalau kita itung itungan kasar nih… Kenaikan akibat pemberlakuan peraturab pemerintah ini bisa mencapai 300ribuan. Stnk naik 50ribu,pengesahan stnk 30 ribu, plat nomor 30 ribu, bpkb naik 150ribuan. Itu semua belum dengan kenaikan tahunan harga motor yang biasa berlaku per akhir january itu lho ya….

 

Last, jangan salah persepsi ya.. Yang naik memang bikan pajaknya. Hanya biaya pengurusannya saja. Dan ini akan membuat harga motor baru naik juga… Dan akan merusak harga motor seken tentunya… Aduh…. Mana harus bbn si L pula… Semoga ga mahal hehehehe….
<

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, marketing, motor, prosedur, STNK dan tag , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Pajak Motor Ga Naik, Hanya Biaya Administrasinya. TAPI… Harga Motor Akan Naik!

  1. subaru berkata:

    Ga pake aturan ini juga harga motor pasti naik paling ga 2 x setahun?
    Ga usah dihebohin banget

    Suka

  2. bukannya harga motor selalu naik ya? klo stnk naik sih gpp, klo mpe pajak2nya dinaikin ya sadis juga, blm tentu taon ini gaji gw naik nih

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.