Begini Bentuk Tonjokan Tensioner GSX R150, Anti Lemah Ini Sih

Mesin gsx
Macantua.com – Tensioner merupakan salah satu part yang menunjang performa motor 4tak. Tensioner bertugas menjaga tegangan rantai kamrat atau rantai keteng yang nantinya akan berpengaruh pada putaran camshaft dan bukaan Valve atau klep. Kenapa bisa pengaruh? Nah disini fungsinya adalah menjaga agar proses buka dan tutup valve lebih presisi sesuai timing pengapian (ga loncat). Nah kemarin saat diacara launching GSX R150 dan GSX S150 di Citos Sabtu lalu, Suzuki memberikan display, sebuah motor GSX Series yang di potong potong memperlihatkan “jeroan” nya. Yang menarik hati adalah bentuk tonjokan tensioner alias lifternya… Terlihat ga asing! Wah anti kendor bin lemah ini sih….


Tonjokan tensioner lifter

Sebenarnya ga ada yang special banget sih, cuma ane keingetan pernah memakai tonjokan tensioner model begini. System nya mirip rivet alias cable ties. Saat dia merasakan kendor tonjokan akan maju oleh dorongan per di dalamnya secara otomatis. Dan akan tetap di posisi tersebut karena tertahan oleh gerigi. Sulit untuk kembali ke posisi semula deh. Pengalaman ini ane rasaan sendiri di Honda Tiger ane. Tiger dulu emang terkenal berkendala di area ini. Bentuk tonjokan tensioner yang paai system pita baja ternyata kurang kuat menahan semburan torsi si Maung. Akhirnya saat diakali ya beberapa lama akan kembali kendor.

Akhirnya ane nenemukan tonjokan tensioner yang bentuknya mirip dengan yang kini digunakan oleh GSX R150. System kerjanya sama. Hanya bentuknya disesuaikan untuk Tiger kala itu. Setelah proses penggantian itu sampai saat ini alhamdulillah si Maung a.k.a Tiger kesayangan ane pun ga berisik lagi di area ini. Berarti sudah lebih dari 4 tahun tuh dari sejak pemakaian. Apa ga ajib tuh…. Setelah melihat langsung bentuknya, akhirnya ane bisa ambil kesimpulan, sepertinya GSX R150 dan GSX S150 ga akan mengalami gejala rantai keteng kendor seperti ane dulu saat menggunakan tonjokan tensioner model pita.

Teknologi lawas sejak jaman Shogun yang sepertinya masih berguna sampai sekarang. Dan Suzuki masih percaya menyematkannya pada GSX R150 dan GSX S150… Gimana sob? Semoga nambah nambah informasi ya sob…

Gsx r150

Nyomot ferbus, punya gw ilang

ciao…
<

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, motor, suzuki dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Begini Bentuk Tonjokan Tensioner GSX R150, Anti Lemah Ini Sih

  1. mochyuga berkata:

    kaya tensionernya thunder 125 😮
    semi otomatis, cuma nonjok ke arah dalem aja

    Suka

  2. rifz berkata:

    Kalo rantai cam nya udah cengdor bisa putus

    Suka

  3. askury berkata:

    Klu buat Tiger pake punya apa om.. Yang bisa tahan sampe 4 tahun.. Ni macan ane berisik di bagian kamprat nya om

    Suka

  4. handoyo25 berkata:

    “System nya mirip rivet alias cable ties. Saat dia merasakan kendor tonjokan akan maju oleh dorongan per di dalamnya secara otomatis. Dan akan tetap di posisi tersebut karena tertahan oleh gerigi.”

    Kayaknya yg model begini disebut dg : “Rack and pinion” yak?
    Rivet dan cable ties itukan dua mahluk yg berbeda blas….

    Suka

  5. umar berkata:

    Kang kaleresan ngabahas ieu, pami kanggo honda sonic tiasa teu kang eta tensioner na? Coz sonic abi ayeuna mh aya bunyi ngeletrek.. Tek. Tek. Tek di mesin?motor tos 1taun,Pami ayena mh tos rd gandeng pisan,.. uken saran kang!..

    Suka

  6. ule berkata:

    kira” bisa substitusi ga ya sm ALL NEW CB 150 KLOTOK…. klo bisa benar” SUZUKI adalah dewa penolong,,,

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.