Ini Dia Perbedaan Mesin CRF150L dan Verza

Macantua.com – Masih seputat roda 2 dimana Honda beberapa wkatu lalu secara resmi memperkenalkan Honda CRF150L sebagai motor di segmen garuk tanah Honda terbaru. Namun dengan harganya yang mencapai 31 jutaan banyak yang mencibir kehadirannya. Kata mereka sih “mesin verza” kok mahal banget? Nah biar kenal dengan mesinnya, kita coba lihat nih, apa saja sih perbedaan mesin CRF150L dengan Verza. Dan Gunanya buat apa sih semua perbedaannya? Biar ga geger sob.

1. Throttle Body

Perbedaan yang pertama adalah pada throttle body antara Honda CRF150L dengan Honda Verza/Megapro. Pada Honda Verza hanya terdapat sensor throttle position sensor alias TPS. Nah pada Honda CRF150L tidak hanya ada TPS saja. Tapi memiliki lebih banyak sensor. Seperti Intake Air Temperatue (IAT) dan Manifold Absolute Pressure (MAP) serta Air Control Valve (IACV). Gunanya buat apa? Buat mesin bisa membaca langsung kebutuhan supply bensin dan udara sesuai dengan kondisi lingkungannya.

2. Piston

Secara dimensi ukuran piston antara Honda CRF dan Honda Verza sama persis, namun ada perbedaaan yang terletak pada treatment khusus sang piston. Piston Honda CRF mengalami proses Anodic Oxide Coating. Hal ini akan membuat durabitilitas piston menjadi lebih baik. Sebab untuk penggunaan mesin, Honda CRF150L akan memiliki tingkat stres yang lebih tinggi.

3. Camshaft

Power yang dikeluarkan oleh mesin CRF150L berada diputaran mesin yang lebih rendah dibandingkan dengan Honda Verza. Camshaft Honda Verza mempunyai durasi in 225 derajat dan ex 220 derajat. Sedangkan pada honda CRF memiliki durasi 215 derajat dan durasi ex 210 derajat. Gunanya untuk hisa menghasilkan power dann torsi di putaran mesin yang lebih rendah.

4. Per Klep

Per klep Honda CRf dibuat lebih panjang dan lebih keras untuk mencegah terjadinya floating. Dimana sqat blusukan motor akan sering dipakai stabil ga selalu stop n go seperti Honda Verza

5. Balancer Kruk As

Memang dari segi bentuk mesin antara CRF150L dan Verza sama persis. Namun balancer kruk as alias bandul yang ada pada Verza ga didapatkan pada CRF. Kalau dibilang, untuk yang doyan supermotoan kamu bisa menggunakan balancer yang dipakai Verza untuk mendapatkan putaran mesin yang halus hingga putaran atas. Namun kalau untuk liar blusukan ya jelas biarkan kondisi mesin pada kondisi apa adanya tanpa balancer seperti milik Verza.

Last, kalau bilang mesin CRF150L sama ya secara basis memang sama. Hanya saja keduanya punya banyak perbedaan yang disesuaikan dengan karakter medan dan kegunaan sang motor. Lalu bagaimana dengan perbedaan harga yang jauh? Nanti deh kita bahas lagi apa yang membuatnya jauh berbeda. Ciao

<

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, honda, motor, motor dual purpose, motor trail, motorcross dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Ini Dia Perbedaan Mesin CRF150L dan Verza

  1. Roy berkata:

    Bedanya ama ANCB apa om? Kok SOHC lbih mahal dari pada DOHC?

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.