Pengereman Dengan Cornering ABS, Makin Safety Deh

Macantua.com – ABS alias Anti-lock Braking System pasti kamu sudah sering denger kan sob? Sebuah sistem pengereman yang diklaim mampu membuat motor dapat berhenti dengan baik dengan mengurangi efek ban terkunci. Biasanya penggunaan ABS diletakkan pada mobil atau motor masa kini sebagai opsi keselamatan berkendara yang lebih baik. Harganya memang ga murah sih, selisihnya bisa sampai jutaan untuk motor ber ABS dan non ABS. Nah, kini setelah ABS banyak digunakan oleh kendaraan baru, ada nih pengembangan sistem pengereman dengan ABS yang lebih baik untuk digunakan dalam menikung atau cornering, namanya Cornering ABS. Bagaimana sih pengaruh menggunakan cornering ABS? Bagaimana cara kerjanya cornering ABS? Hayu ah kita bahas.

Dalam melewati sebuah tikungan dengan motor memang sangat riskan terjadi kecelakaan, apalagi saat rem tertarik baik sengaja maupun tidak sengaja. Ternyata, penggunaan ABS conventional belum bisa menjamin motor akan tetap pada lintasannya saat menikung. Masih ada kemungkinan motor akan terbawa ke luar jalur. Nah disinilah fungsi Cornering ABS, dimana system ini membaca beberapa sensor mulai dari lean angle atau kemiringan motor, bukaan gas, putaran mesin, torsi yang bekerja pada ban depan dan belakang serta kecepatan masing masing ban depan dan belakang. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini :

Sebenarnya sih secara gamblangnya cornering ABS ini cara kerjanya mirip mirip sama Traction Control, hanya saja kalau TC atau traction control difokuskan pada ban belakang untuk mengurangi kondisi rear wheel spin, sementara Cornering ABS digunakan lebih condong ke ban depan untuk mengurangi ban mengunci saat kondisi motor dalam keadaan miring akibat menikung. Olahan data akan menetapkan berapa kecepatan dan kapan waktu piston menekan piringan rem (disc brake) saat menikung untuk mengurangi kecenderungan low side. Untuk detailnya ada di video resmi KTM berikut ini :

Nah, gimana sob? Sudah jelas belum cara kerjanya? Yang pasti penggunaan Cornering ABs ini membuat sang rider bisa jauh lebih mengontrol dan mempertahankan posisi cornering line nya selama memasuki tikungan. Membuat berkendara lebih aman buat para rider. Kira kira teknologi ini bakal dipasang berbagai motor baru nantinya layaknya ABS saat ini? Ngarep… Ciao
<

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, KTM, motor dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Pengereman Dengan Cornering ABS, Makin Safety Deh

  1. furqon berkata:

    nyaris nyungseb gegara xenia yg di dahului mendadak banting strir ke kanan.
    hampir panic brake. untung bawah sadar tarik rem depannya ga sekaligus tapi dikompa-kompa.
    ABS abal-abal nya berfungsi tapi dengan kompensasi jarak berhenti tambah jadi hampir cium pintu mobil.

    ( cuma urut dada )

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.